Dona, Lilla (2012) Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Melalui Pemaparan Lagu pada Siswa Kelas VIII-4 SMP Negeri 6 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_02_LILLA_RAMA_DONA_10884_2742_2017.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus melibatkan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun instrumen penelitian ini adalah lembaran observasi dan tes keterampilan berbicara. Observasi bertujuan untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan siswa dan guru selama proses belajar mengajar berlangsung. Sedangkan tes keterampilan berbicara bertujuan untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa pada setiap akhir siklus. Pada siklus pertama ditemukan skor rata-rata tes kemampuan berbicara siswa 37.30. Karena hasilnya belum memuaskan, maka penelitian ini dilanjutkan ke siklus ke dua. Kemudian pada siklus dua ditemukan skor rata-rata kemampuan siswa 56.79. Beberapa faktor yang mungkin menyebabkan peningkatan keterampilan berbicara siswa adalah materi, media, kegiatan pembelajaran, pengelolaaan kelas, dan pendekatan guru. Berdasarkan temuan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pemaparan lagu adalah salah satu cara efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Oleh karena itu, disarankan agar guru menggunakan ini dalam proses belajar mengajar. Guru sebaiknya memberikan suasana belajar yang menyenangkan untuk siswanya. Peneliti mengajak untuk lebih lama dalam kegiatan refleksi. Ini akan membuat mereka dapat berfikir kritis dalam kelas
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | peningkatan keterampilan berbicara siswa,pengelolaaan kelas, dan pendekatan guru. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 09:15 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 09:15 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31343 |
