Nilai-nilai Pendidikan dalam Cerita Anak Terbitan Harian Singgalang Edisi Minggu Periode 2011

Ningsi, Oktria (2013) Nilai-nilai Pendidikan dalam Cerita Anak Terbitan Harian Singgalang Edisi Minggu Periode 2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_OKTRIA_NINGSI_01488_805_2013.pdf] Text
final_B1_1_OKTRIA_NINGSI_01488_805_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-
nilai pendidikan yang terkandung dalam Cerita Anak Terbitan Harian Singgalang
Edisi Minggu Periode 2011. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan
menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui identifikasi
secara langsung tehadap Cerita Anak Terbitan Harian Singgalang Edisi Minggu
Periode 2011. Penganalisisan data dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan hasil
penelitian, disimpulkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, nilai-nilai pendidikan
dalam cerita anak pada harian Singgalang Minggu mencakup nilai pendidikan budi
pekerti, nilai pendidikan kepedulian sosial, nilai pendidikan kecerdasan, dan nilai
pendidikan religi. Kedua, nilai-nilai pendidikan budi pekerti yang ditemukan
dalam cerita anak yaitu: tidak memfitnah dan sabar, berhati lembut dan penyayang,
taat pada peraturan, ikhlas, tidak membentak orang tua, mendengarkan nasehat
orang tua, bekerja keras, pemaaf, rela berkorban, dermawan dan adil, bijaksana,
malu, menghormati guru, tidak berprasangka buruk, jujur, tidak menuduh tanpa
bukti, meminta maaf, menyadari kesalahan, sopan santun berbicara, jujur, tidak
sombong dan bangga diri, serta meminta izin. Ketiga, nilai-nilai pendidikan
kepedulian sosial yang ditemukan dalam cerita anak yaitu: tidak mengambil hak
orang lain, peduli sesama, tidak berburuk sangka, tidak memandang rendah orang
lain, ikut merasakan apa yang dirasakan orang lain, tolong menolong antarsesama,
takut hidup sendiri, taat pada pemimpin, kerja sama, saling memaafkan, tidak
sewenang-wenang, peduli lingkungan dan sesama, musyawarah mufakat, serta
saling berbagi. Keempat, nilai-nilai pendidikan kecerdasan yang ditemukan dalam
cerita anak yaitu: logis untuk membebaskan diri, kritis tentang ibadah puasa, logis
dalam berpikir, kritis dalam menyimpulkan sesuatu, kreatif dalam memecahkan
masalah, dan kritis dalam menguraikan persoalan. Kelima, nilai-nilai pendidikan
religi yang ditemukan dalam cerita anak yaitu: tidak memfitnah orang lain, sabar,
mencari rezki halal, berdoa dan bersyukur pada Tuhan, berbakti kepada orang tua,
gembira menyambut datangnya bulan puasa, tidak mubazir, taat pada pemimpin,
saling memaafkan antar sesama.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:39
Last Modified: 04 Dec 2025 02:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31332

Actions (login required)

View Item
View Item