Herlina, Surya (2013) Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Resensi Siswa Kelas XI IPS SMA Pertiwi 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_SURYA_HERLINA_12098_5314_2013.pdf
Download (260kB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Ketiga tujuan yang dimaksud adalah
sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis resensi siswa di
kelas eksperimen dengan menggunakan teknik mind mapping. Kedua,
mendeskripsikan keterampilan menulis resensi siswa di kelas kontrol tanpa
menggunakan teknik mind mapping. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan
teknik mind mapping terhadap keterampilan menulis resensi siswa kelas XI IPS
SMA Pertiwi 1 Padang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu atau
quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Pertiwi
1 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 120 siswa.
Sampel pada penelitian ini 30 orang di kelas XI IPS 1, dan 30 orang di kelas XI
IPS 2, diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini adalah data
kuantitatif, yaitu nilai keterampilan menulis resensi siswa di kelas eksperimen dan
keterampilan menulis resensi siswa di kelas kontrol.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai
berikut. Pertama, keterampilan menulis resensi siswa di kelas eksperimen berada
pada kualifikasi baik (80,33). Kedua, keterampilan menulis resensi siswa di kelas
kontrol berada pada kualifikasi cukup (70,01). Ketiga, berdasarkan uji hipotesis
disimpulkan bahawa hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikansi 0,1%
dan derajat kebebasan (dk) = n – 1 karena thitung lebih besar dari ttabel ( 3,11 besar
dari 1,70). Dengan kata lain, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan
teknik mind mapping terhadap keterampilan menulis resensi siswa kelas XI IPS
SMA Pertiwi 1 Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 02:33 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 02:33 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31317 |
