Saputra, Romi (2016) Keefektifan Kalimat dalam Karangan Eksposisi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Batang Anai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_ROMI_SAPUTRA_1105891_4254_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini ada tiga, yaitu (1) keefektifan kalimat dalam
karangan eksposisi siswa kelas VIII SMPN 1 Batang Anai dari segi struktur
kalimat, (2) keefektifan kalimat dalam karangan eksposisi siswa kelas VIII SMPN
1 Batang Anai dari segi penggunaan pilihan kata, dan (3) keefektifan kalimat
dalam karangan eksposisi siswa kelas VIII SMPN 1 Batang Anai dari segi ejaan. Teori-teori yang berhubungan dengan penelitian ini adalah teori tentang
karangan eksposisi dan kalimat efektif. Teori karangan eksposisi terbagi tiga,
yaitu (a) pengertian karangan eksposisi, (b) ciri-ciri karangan eksposisi, (c)
bentuk karangan eksposisi. Teori kalimat efektif terbagi empat, yaitu: (a)
pengertian kalimat, (b) jenis kalimat dan strukturnya, (c) pengertian kalimat, dan
(d) indikator kalimat efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah data
berupa hasil identifikasi ketidakefektifan kalimat yang digunakan di dalam
karangan eksposisi dan bersumber dari objek penelitian. Teknik pengabsahan data
yang digunakan adalah teknik triangulasi. Data dianalisis menggunakan teknik
deskriptif statistik sederhana dan analisis kualitatif menggunakan format-format.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut.
Pertama, dari Seratus tiga puluh dua kalimat yang digunakan sebagai data
penelitian, terdapat lima kalimat efektif dan Seratus dua puluh tujuh kalimat tidak
efektif. Hal itu berarti masih rendahnya pemahaman siswa kelas VIII SMPN 1
Batang Anai tentang kalimat efektif dalam karangan eksposisi. Ketidakefektifan
Seratus dua puluh tujuh kalimat tersebut karena tidak memenuhi satu atau lebih
dari indikator yang digunakan dalam penelitian ini. Kedua, Dua belas kalimat
tidak efektif dari segi struktur kalimat. Ketidakefektifan tersebut disebabkan
karena salah satu unsur tidak lengkap. Ketiga, Delapan puluh lima kalimat tidak
efektif dari segi penggunaan pilihan kata. Hal tersebut disebabkan karena pilihan
kata yang tidak tepat. Keempat, Seratus satu kalimat tidak efektif dari segi
penggunaan ejaan. Lima puluh empat kalimat pada ketidaktepatan penggunaan
huruf kapital, Empat puluh kalimat pada ketidaktepatan penggunaan tanda titik,
dan Empat puluh sembilan kalimat pada ketidaktepatan penggunaan tanda koma.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 02:31 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 02:31 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31315 |
