Pengaruh Penggunaan Teknik Kisah Nabi terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gunung Talang Kabupaten Solok

Amelia, Susan (2014) Pengaruh Penggunaan Teknik Kisah Nabi terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gunung Talang Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_SUSAN_AMELIA_53269_2776_2014.pdf] Text
final_B1_1_SUSAN_AMELIA_53269_2776_2014.pdf

Download (793kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan
keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gunung Talang
Kabupaten Solok sebelum diberi perlakuan menggunakan teknik kisah Nabi.
Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri
2 Gunung Talang Kabupaten Solok setelah diberi perlakuan menggunakan teknik
kisah Nabi. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik kisah Nabi
terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gunung
Talang Kabupaten Solok.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini satu kelas diberikan tes di awal (pretest) kemudian diberi perlakuan
dan diberi tes akhir (postest) disebut juga dengan (one group pretest-postest
design). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik bertujuan (purposive
sampling). Tes yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah
hasil tulisan pretest dan postest keterampilan menulis puisi sebelum diberi
perlakuan dan setelah diberi perlakuan menggunakan teknik kisah Nabi siswa
kelas VIII SMP Negeri 2 Gunung Talang Kabupaten Solok.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal
berikut. Pertama, keterampilan menulis puisi siswa kelas VIIII SMP Negeri 2
Gunung Talang sebelum diberi perlakuan menggunakan teknik kisah Nabi berada
pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan nilai rata-rata 55,76. Kedua,
keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gunung Talang
Kabupaten Solok setelah diberi perlakuan menggunakan teknik kisah Nabi berada
pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 75,21. Ketiga,
berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan hipotesis alternatif (H1) diterima pada
taraf signifikansi 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n1 + n2 ) – 2 = (26+26)-2= 50,
di dapat ttabel 1,67 dan thitung 1,73. jadi (thitun 1,73 > ttabe 1,67). Sehingga, terdapat
pengaruh penggunaan teknik kisah Nabi terhadap keterampilan menulis puisi
siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gunung Talang Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:29
Last Modified: 04 Dec 2025 02:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31310

Actions (login required)

View Item
View Item