Tindak Tutur Direktif dalam Bahasa Minangkabau Siswa SMA Negeri 12 Padang

Elin, Rahmi (2013) Tindak Tutur Direktif dalam Bahasa Minangkabau Siswa SMA Negeri 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_RAHMI_ELIN_96351_5011_2013.pdf] Text
final_B1_1_RAHMI_ELIN_96351_5011_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan (1) jenis tindak tutur direktif yang digunakan oleh siswa SMA Negeri 12 Padang, (2) strategi bertutur yang digunakan oleh siswa SMA Negeri 12 Padang, (3) konteks situasi tutur yang digunakan oleh siswa SMA Negeri 12 Padang, dan (4) fungsi tindak tutur direktif yang digunakan oleh siswa SMA Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah tindak tutur siswa SMA Negeri 12 Padang. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Padang. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 12 padang. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, jenis tindak tutur direktif yang digunakan oleh siswa SMA Negeri 12 Padang ada lima macam, yaitu (1) memerintah, (2) memohon, (3) menuntut, (4) memberi nasihat, dan (5) memesan. Tindak tutur yang paling dominan digunakan adalah tindak tutur direktif memerintah. Kedua, strategi bertutur yang digunakan oleh siswa SMA Negeri 12 Padang adalah (1) bertutur terus terang tanpa basa- basi; (2) bertutur dengan basa-basi kesantunan positif; (3) bertutur dengan samar- samar. Ketiga, konteks situasi bertutur yang digunakan oleh siswa SMA Negeri 12 Padang, yaitu (a) penutur lebih berkuasa, akrab, suasana tegang, penutur cenderung menggunakan strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi; (b) penutur lebih berkuasa, akrab, suasaana santai, penutur cenderung menggunakan starategi bertutur dengan basa-basi kesantunan positif; (c) penutur lebih berkuasa, tidak akrab, suasana tegang, penutur cenderung menggunakan strategi bertutur dengan terus terang tanpa basa-basi; (d) penutur lebih berkuasa, tidak akrab, suasana santai, penutur cenderung menggunakan strategi bertutur dengan terus terang tanpa basa-basi; (e) kekuasaan penutur lebih rendah, akrab, suasana tegang, penutur cenderung menggunakan strategi bertutur dengan basa-basi kesantunan positif; (f) kekuasaan penutur lebih rendah, tidak akrab, suasana santai, penutur cenderung menggunakan strategi bertutur dengan terus terang tanpa basa-basi; (g) kekuasaan penutur lebih rendah, tidak akrab, suasana tegang, penutur cenderung menggunakan strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi; (h) kekuasaan penutur lebih rendah, tidak akrab, suasana santai, penutur cenderung menggunakan strategi bertutur dengan terus terang tanpa basa-basi. Keempat, tindak tutur direktif dilakukan oleh siswa SMA Negeri 12 Padang untuk empat fungsi, yaitu (1) fungsi kompetitif; (2) fungsi kovival; (3) fungsi kolaboratif; dan (4) fungsi konfliktif. Tindak tutur direktif dominan digunakan untuk fungsi kompetitif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TINDAK TUTUR DIREKTIF, AHASA MINANGKABAU
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 04 Dec 2025 02:22
Last Modified: 04 Dec 2025 02:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31303

Actions (login required)

View Item
View Item