Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X MIPA SMAN 13 Padang

Septiana, Arissa (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X MIPA SMAN 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_Arissa_Septiana_17029007_1469_2022.pdf] Text
B1_01_Arissa_Septiana_17029007_1469_2022.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis peserta didik merupakan aspek yang perlu diupayakan demi keberhasilan peserta didik dalam belajar. Namun demikian, kenyataan menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik kelas X MIPA SMAN 13 Padang dalam mengkomunikasikan masih belum optimal. Salah satu upaya yang diyakini mampu untuk mengatasi masalah tersebut adalah model
pembelajaran kooperatif tipe pair check. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair check dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar menggunakan
pembelajaran konvensional pada kelas X MIPA SMAN 13 Padang.
Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment), dengan rancangan penelitian adalah Static Group Design. Populasi penelitian peserta didik kelas X MIPA SMAN 13 Padang tahun pelajaran 2021/2022.
Penarikan sampel dilakukan dengan teknik penarikan sampel acak sederhana atau simple random sampling. Sampel yang dipilih yaitu dua kelas dengan melakukan pengundian. Pengundian dilakukan dengan cara mengambil gulungan kertas yang berisi nama kelas secara acak. Hasil pengambilan pertama ditetapkan sebagai kelas eksperimen yaitu kelas X MIPA 2, sedangkan pengambilan kedua sebagai kelas kontrol yaitu X MIPA 1. Intrumen penelitian tes kemampuan komunikasi
matematis berbentuk soal essay dengan reabilitas tes sebesar 0,73. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh P-value < = 0,05 yaitu P-value = 0,000. Artinya, kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe pair check lebih baik daripada kelas kontrol yang belajar dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 05 Mar 2025 07:40
Last Modified: 05 Mar 2025 07:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3128

Actions (login required)

View Item
View Item