Pengembangan Buku Teks Pelajaran IPA Terpadu SMP Berbasis The Nested Model Bermuatan Karakterdengan Tema Sistem Gerak Makhluk Hidup

Febriani, Febriani (2017) Pengembangan Buku Teks Pelajaran IPA Terpadu SMP Berbasis The Nested Model Bermuatan Karakterdengan Tema Sistem Gerak Makhluk Hidup. Masters/Tesis thesis, Universitas Negri Padang.

[thumbnail of final_03_FEBRIANI_15175011_1996_2017.pdf] Text
final_03_FEBRIANI_15175011_1996_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Buku teks pelajaran merupakan salah satu sumber belajar yang utama dalam
proses pembelajaran. Buku teks pelajaaran pada kurikulum 2013 memiliki peranan
penting dalam proses pembelajaran dan pengembangan ilmu pengetahuan. Buku teks
yang baik dan berkualitas harus memiliki kebenaran isi, penyajian yang sistematis,
penggunaan bahasa dan keterbacaan yang baik, serta grafika yang fungsional. Buku teks
memuat informasi mengenai kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang
dapat digunakan untuk melatih kompetensi peserta didik. Materi IPA di SMP disajikan
dalam keterpaduan antara fisika, biolgi, dan kimia. Maka, memerlukan model
pembelajaran terpadu yakni the nested model dengan pendekatan saintifik. Tujuan
penelitian adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis masalah pada tahap problem
analysis, memperoleh rancangan buku teks untuk tahap sollution, menghasilkan buku
teks yang valid ditahap iterative testing and refinements, serta memperoleh buku teks
dengan kriteria praktis dan efektif ditahap implementation untuk pengembangan buku
teks pelajaran IPA terpadu SMP berbasis the nested model bermuatan karakterdengan
tema sistem gerak makhluk hidup.
Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan berbasis riset menggunakan
model pengembangan Reeves yang terdiri dari tahap problem analysis (analisis
masalah), sollution (perancangan buku teks), dan iterative testing and refinements
(pengujian dan perbaikan), dan implementation (pelaksanaan). Data dalam penelitian ini
adalah data analisis masalah , data validasi, data praktikalitas, dan data efektifitas.
Instumen penelitian terdiri dari angket, lembar analisis, lembar validasi, lembar
praktikalitas, tes pilihan ganda, lembar observasi sikap, dan lembar observasi
keterampilan. Teknis analisis data menggunakan deskripsi persentase dan kappa.
Hasil penelitian pada tahap problem analysis yakni peserta didik mengalami
kesulitan dalam menerjemahkan soal IPA yang komplek. Hasil dari analisis peserta didik
adalah peserta didik lebih antusias dalam belajar IPA jika dihubungkan dengan kejadian
yang bersifat nyata dalam kehidupan. Hasil analisis materi bahwa tema gerak dalam
kehidupan didominasi oleh materi konsep dan prinsip. Selanjutnya hasil dari tahap
sollution adalah perancangan buku teks yang sesuai dengan struktur buku teks yang baku
serta instrument penelitian. Hasil dari tahap iterative testing and refinements adalah buku
teks valid oleh ahli dengan nilai 0,83 dan oleh praktisi 0,90. Lebih lanjut, hasil dari tahap
implementation pada uji kepraktisan diperoleh 87,41 untuk respon guru dan 91,38 untuk
respon peserta didik. Selanjutnya buku teks efektif pada kompetensi pengetahuan (86,03),
kompetensi sikap (82,14), dan kompetensi keterampilan (82,38). Kesimpulan penelitian
adalah buku teks pelajaran IPA terpadu SMP berbasis the nested model bermuatan
karakterdengan tema sistem gerak makhluk hidupmemenuhi kriteria valid, praktis, dan
efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Buku Teks IPA Terpadu, Tema
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 08 Dec 2025 09:08
Last Modified: 08 Dec 2025 09:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31265

Actions (login required)

View Item
View Item