Pratiwi, Tiara Indah (2019) Pengaruh Motivasi Kerja dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Kota Sungai Penuh. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_TIARA_INDAH_PRATIWI_17147026_6096_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kinerja guru.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru. (2) Pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja guru dan (3) Pengaruh Motivasi Kerja dan Iklim Sekolah secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Kota Sungai Penuh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Guru di SMP Negeri Kota Sungai Penuh sebanyak 334 orang guru. Penarikan sampel dalam penelitian ini secara acak Stratified Random Sampling.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 88 orang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner. Analisis data menggunakan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh positif motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kota Sungai Penuh, dibuktikan dengan hasil analisis data diperoleh nilai regresi sebesar =0,157. (2) Ada pengaruh positif iklim sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kota Sungai Penuh, dibuktikan dengan hasil analisis data diperoleh nilai regresi sebesar =0,457. (3). (3) Ada pengaruh positif motivasi kerja dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kota Sungai Penuh sebesar0,147. Hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa motivasi kerja dan iklim sekolah merupakan dua faktor yang berpengaruh terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kota Sungai Penuh. Oleh sebab itu diharapkan kepada pihak-pihak terkait agar meningkatkan motivasi kerja dan iklim sekolah agar kinerja guru dapat meningkat.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Motivasi Kerja dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Kota Sungai Penuh |
| Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 09:07 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 09:07 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31254 |
