Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP/Mts

Marsyimella, Febria (2017) Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP/Mts. Masters/Tesis thesis, Universitas Negri Padang.

[thumbnail of final_03_FEBRIA_MARSYIMELIA_15205065_5699_2017.pdf] Text
final_03_FEBRIA_MARSYIMELIA_15205065_5699_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik
yang masih rendah. Rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis tersebut
disebabkan belum tersedianya perangkat pembelajaran yang dapat mendukung
peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Proses
pembelajaran belum mampu membantu peserta didik untuk membangun dan
mengembangkan pengetahuannya dalam menemukan sendiri prinsip/prosedur
matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan proses pengembangan
dan untuk menghasilkan RPP dan LKPD berbasis pendekatan konstruktivisme
yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis
matematis peserta didik kelas VIII SMP/MTs. Penelitian pengembangan yang
dilaksanakan ini menggunakan model pengembangan
Plomp.
Model
pengembangan Plomp ini terdiri atas tiga fase, yaitu fase investigasi awal, fase
pengembangan prototype dan fase penilaian. Perangkat pembelajaran yang
dikembangkan berupa RPP dan LKPD. Subjek penelitian yaitu dua orang guru
matematika MTsN Sintuk, tiga orang peserta didik kelas VIII.1 MTsN Sintuk
pada one-to-one, enam orang peserta didik kelas VIII.3 MTsN Sintuk pada small
group, dan dua puluh delapan peserta didik kelas VIII.2 MTsN Sintuk pada field
test.
Pengumpulan data dengan teknik studi dokumentasi, wawancara, dan
angket. Berdasarkan pengembangan yang telah dilaksanakan, diperoleh RPP dan
LKPD matematika berbasis pendekatan konstruktivisme untuk kelas VIII
SMP/MTs yang valid, praktis, dan efektif. Kevalidan diketahui dari hasil
penilaian validator pada lembar validasi yang menyatakan Rpp dan LKPD yang
dikembangkan telah valid berdasarkan kontent, konstruk, kegrafikaan, dan bahasa.
Kepraktisan diketahui dari hasil uji coba small group dan field test. Keefektivan
diperoleh dari small group dan field test.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembaran Kerja Peserta Didik, Pendekatan Kontruktivisme
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 08 Dec 2025 09:06
Last Modified: 08 Dec 2025 09:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31251

Actions (login required)

View Item
View Item