Oktavina, Oktavina (2014) Pengaruh Strategi Cooperative Learning Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Teks Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_OKTAVINA_15700_2637_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mendeskripsikan tingkat keterampilan
menulis teks drama siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Sijunjung tanpa
menggunakan strategi Cooperative Learning Tipe Think Pair Share, (2)
mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks drama siswa kelas VIII SMP
Negeri 12 Sijunjung menggunakan strategi Cooperative Learning tipe Think Pair
Share, (3) menganalisis pengaruh strategi Cooperative Learning tipe Think Pair
Share terhadap keterampilan menulis teks drama siswa kelas VIII SMP Negeri 12
Siunjung
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen menggunakan dua kelas yaitu kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol dengan jumlah masing-masing kelas 30 orang yang diambil menggunakan
teknik purposive sample. Data penelitian ini adalah skor yang diperoleh dari hasil
tes keterampilam menulis teks drama siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Sijunjung
dengan menggunakan strategi Cooperative Learning tipe Think Pair Share di
peroleh nilai rata-rata 79,18 dan tanpa strategi Cooperative Learning tipe Think
Pair Share diperoleh nilai rata-rata 76,08. Hasil tes tersebut dibandingkan dengan
menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh strategi
Cooperative Learning tipe Think Pair Share terhadap keterampilan menulis teks
drama siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Sijunjung.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama,
keterampilan menulis teks drama menggunakan strategi Cooperative Learning
tipe Think Pair Share siswa kelas VIII SMP Negeri 12 sijunjung berada pada
rentangan 76—85 berkualifikasi Baik (B). Kedua, keterampilan menulis teks
drama tanpa menggunakan strategi Cooperative Learning Tipe Think Pair Share
siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Sijunjung berada pada rentang 66—75
berkualifikasi Lebih dari cukup (LdC). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t,
disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95%
dan derajat kebebasan (dk) =( n1 + n2) – 2 karena thitung > ttabel (3,66>1,67). Dengan
kata lain, penggunaan strategi Cooperative Learning Tipe Think Pair Share
berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks drama siswa kelas VIII SMP
Negeri 12 Sijunjung.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 02:02 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 02:02 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31244 |
