Mardiana, Tengku (2013) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas VIII SMPN 11 Kota Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_TENGKU_MARDIANA_1109883_5330_2013.pdf
Download (116kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Pengaruh Media Audio Visual Dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia, melalui empat rumusan masalah: (1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media audio visual daripada siswa yang diajar dengan teks berita yang dibacakan oleh siswa?, (2) apakah terdapat interaksi antara penggunaan media dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia?, (3) apakah siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi yang diajar dengan menggunakan media audio visual memperoleh hasil belajar lebih tinggi daripada siswa mempunyai motivasi belajar tinggi yang diajar dengan teks berita yang dibacakan oleh siswa?, (4) apakah siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah yang diajar dengan menggunakan media audio visual memperoleh hasil belajar lebih tinggi daripada siswa mempunyai motivasi belajar rendah yang diajar dengan teks berita yang dibacakan oleh siswa?. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan disain treatment block. Penelitian ini dilakukan di SMPN11 Kota Pekanbaru semester genap tahun 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik porposive random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui tes akhir. Data dianalisis dengan uji t dan analisis varian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan media audio visual memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan cara konvensional. Tidak terdapat interaksi antara media audio visual dengan motivasi dan hasil belajar siswa. Siswa yang memiliki motivasi tinggi yang belajar dengan media audio visual memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi tinggi yang belajar dengan cara konvensional. Siswa yang memiliki motivasi rendah yang belajar menggunakan media audio visual memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi rendah yang belajar dengan konvensional. Dapat disimpulkan bahwa media audio visual berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas VIII SMPN 11 Kota Pekanbaru |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 09:04 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 09:04 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31241 |
