Putri, Yuli Rahmadha (2019) Pengaruh Strategi Belajar Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_YULIA_RAHMADHA_PUTRI_14029020_953_2019.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap peserta didik. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP masih rendah. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran masih terpusat pada guru. Upaya yang dapat dilakukan adalah melaksanakan strategi belajar aktif tipe ETH.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar menggunakan strategi belajar aktif tipe ETH lebih baik daripada yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Pembangunan Laboraturium UNP. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Pembangunan Laboraturium UNP Tahun Pelajaran 2018/2019. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, terpilih kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.D sebagai kelas kontrol. Data pemahaman konsep matematika dianalisis menggunakan uji-t Analisis hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik, diperoleh rata-rata skor peserta didk pada kelas eksperimen dan kontrol yaitu 20,07 dan 17,78. Hasil uji hipotesis menunjukkan pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh p-value sebesar 0,007 atau tolak Ho, maka disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan strategi belajar aktif tipe ETH lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Yulia Rahmadha Putri : Pengaruh Strategi Belajar Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 08:58 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 08:59 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31233 |
