Susanti, Susi (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_SUSI_SUSANTI_1100815_629_2015 mslh.pdf
Download (929kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga permasalahan berikut. Pertama,
siswa masih kesulitan mengembangkan ide tulisan meskipun tema telah
ditetapkan. Kedua, siswa belum terampil menulis teks eksposisi dengan baik.
Ketiga, model yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran menulis teks
eksposisi belum bervariasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ada atau tidaknya
pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap
keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang
Panjang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga, yaitu. Pertama,
keterampilan menulis teks eksposisi. Kedua, model pembelajaran kooperatif tipe
TPS. Ketiga, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam
pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest-posttest group
(satu kelompok). Jumlah populasi 258 siswa dan sampel 30 siswa. Pengambilan
sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen
penelitian ini adalah tes unjuk kerja yaitu tes keterampilan menulis teks eksposisi.
Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi
sebelum dan setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS siswa
kelas X SMA Negeri 2 Padang Panjang. Hasil tersebut dibandingkan dengan
menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap keterampilan
menulis teks eksposisis siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama,
keterampilan menulis teks eksposisi sebelum menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe TPS siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang Panjang berada pada
kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata 67,78. Kedua, keterampilan
menulis teks eksposisi setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe
TPS siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang Panjang berada pada kualifikasi baik
dengan nilai rata-rata 84,26. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap
keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang
Panjang. Dengan kata lain, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X
SMA Negeri 2 Padang Panjang sebelum menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe TPS lebih rendah dibandingkan dengan keterampilan menulis teks
eksposisi setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 01:59 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 01:59 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31220 |
