Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Kerjasama Guru terhadap Kompetensi Sosial Guru SMPN di Kecamatan Linggo Sari Banganti Kabupaten Pesisir Selatan

Tarmizonber, Tarmizonber (2013) Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Kerjasama Guru terhadap Kompetensi Sosial Guru SMPN di Kecamatan Linggo Sari Banganti Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_TARMIZONBER_17703_2798_2013.pdf] Text
final_1_TARMIZONBER_17703_2798_2013.pdf

Download (400kB)

Abstract

Guru merupakan aset bangsa yang perlu ditingkatkan baik secara kualitas
maupun kuantitas. Profesionalisme guru adalah komponen vital yang
meningkatkan kualitas pendidikan sesuai dengan tuntutan ilmu pengetahuan dan
teknologi.Dari studi awal yang peneliti lakukan pada Sekolah Menengah Pertama
di kecamatan Linggo Sari Banganti kompetensi sosial guru cenderung rendah.
Penelitian ini bertujuan mendapatkan jawaban masalah kontribusi
Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Kerjasama terhadap Kompetensi Sosial
Guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian “ex
post facto“ karena masalah yang diteliti sudah terjadi dan kemudian menurut
kebelakang melalui data untuk menemukan faktor-faktor yang mendahului atau
menentukan sebab-sebab yang mungkin atas peristiwa yang diteliti.Populasi
penelitian ini adalah seluruh guru yang berstatus PNS mengajar di Sekolah
Menengah Pertama di dalam Kecamatan Linggo Sari Baganti. Berdasarkan studi
pendahuluan diperoleh jumlah populasi sebanyak 179 orang. Mengingat jumlah
populasi cukup besar perlu diambil sampel. Pengambilan sampel ini akan
dilakukan dengan menggunakan teknik stratified proportional random sampling.
Jadi sampel dalam penelitian ini adalah 42 orang. Sampel sebanyak 42 orang ini
akan dipilih secara acak melalui undian
Dari hasil penelitan ditemukan bahwa Kepemimpinan Kepala
Sekolah berkontribusi terhadap Kompetensi Sosial guru sebesar 45%, Iklim
Kerjasama Guru berkontribusi terhadap Kompetensi Sosial guru sebesar 49% dan
Kepemimpinan kepala sekolah dan Iklim Kerjasama Guru secara bersama-sama
berkontribusi terhadap Kompetensi Sosial guru 54%
Diharapkan kepala sekolah harus berusaha meningkatkan supervisi dan
pengawasannya terhadap guru.Guru harus selalu berusaha meningkatkan iklim
kerjasama terhadap sesama guru dan kepala sekolah untuk dapat melaksanakan
tugas yang diemban Kemudian kepada pihak terkait seperti pengelola
pendidikan agar meningkatkan sarana prasarana dalam bidang
pendidikan sehingga mutu pendidikan dapat meningkat dengan
sendirinya.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim Kerjasama Guru Terhadap Kompetensi Sosial Guru SMPN di Kecamatan Linggo Sari Banganti Kabupaten Pesisir Selatan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 08 Dec 2025 08:53
Last Modified: 08 Dec 2025 08:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31214

Actions (login required)

View Item
View Item