Pengembangan Learning Managament System pada Mata Pelajaran Informatika bagi Fase E di SMA

Marzuq, Ahmad Taufik (2024) Pengembangan Learning Managament System pada Mata Pelajaran Informatika bagi Fase E di SMA. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_AHMAD_TAUFIK_MARZUQ_19004040_257_2025.pdf] Text
B1_3_AHMAD_TAUFIK_MARZUQ_19004040_257_2025.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pengembangan Learning Managament System dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran yaitu kurangnya penyampaian materi yang didapatkan peserta didik di kelas dan juga proses belajar mengajar di kelas tanpa dilengkapi dengan media yang memudahkan peserta didik dan pendidik dalam belajar. Di sisi lain terdapat sarana fasilitas penunjang yang memadai di sekolah yang mana hal itu belum dimaksimalkan penggunaannya dalam pembelajaran untuk peserta didik. Dalam mengatasi masalah tersebut, dikembangkan media e-learning yang dapat digunakan sebagai media pendukung dalam melaksanakan pembelajaran secara fleksibel. Penelitian ini bertujuan untuk mengambangkan media Learning Managament System yang valid dan praktis untuk digunakan sebagai media yang dibutuhkan dalam proses belajar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian pengembangan Research & Develpment (R&D) dengan model pengembangan 4D. Adapun prosedur pengembangan dari pengembangan ini yaitu : (1) Define, (2) Design, (3) Development, dan (4) Disseminate. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi dan angket respon siswa. Validitas produk diuji oleh dua orang ahli media dan satu orang ahli materi. Uji praktikalitas ditujukan kepada siswa/i kelas Fase E SMA Negeri 13 Padang. Pengembangan Learning Managament System pada mata pelajaran Informatika bagi fase E di SMA telah dilakukan sesuai dengan prosedur pengembangan yang menghasilkan media dalam bentuk website . produk ini telah melalui tahap validasi, berdasarkan penilaian hasil validasi materi oleh guru bidang studi Informatika SMA Negeri 13 Padang dan validasi media oleh dosen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Hasil validasi oleh ahli media I dan II sudah dikategorikan “Sangat Valid” dengan rata-rata 3,83. Untuk hasil dari validasi materi sudah dikategorikan “Sangat Valid” dengan rata-rata 4,00. Pada hasil uji praktikalitas produk media Learning Managament System dikategorikan “Sangat Praktis” dengan rata-rata 3,40. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media Learning Managament System pada mata pelajaran informatika bagi Fase E dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, E-Learning, LMS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 08 Dec 2025 08:50
Last Modified: 08 Dec 2025 08:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31202

Actions (login required)

View Item
View Item