Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling dan Upaya Pembinaan: Studi pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Rejang Lebong

Rofiqah, Tamama (2012) Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling dan Upaya Pembinaan: Studi pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Rejang Lebong. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_TAMAMA_ROFIQAH_19133_6317_2012.pdf] Text
final_1_TAMAMA_ROFIQAH_19133_6317_2012.pdf

Download (834kB)

Abstract

Permasalahan siswa di sekolah dirasakan semakin kompleks dengan adanya perkembangan dunia pendidikan yang pesat. Hal ini menuntut guru Bimbingan dan Konseling (BK) di sekolah untuk memiliki kecakapan dan kemampuan dalam melaksanakan pelayanan BK terhadap siswa di sekolah. Kemampuan dan kecakapan tersebut terlihat dari kompetensi yang dimiliki guru BK. Maka, untuk mencapai hal tersebut perlu pengembangan dan peningkatan kompetensi yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan permasalahan: (1) kompetensi guru BK saat ini, (2) upaya pembinaan yang dilakukan kepala sekolah berkenaan dengan kompetensi guru BK, (3) perbedaan kompetensi guru BK berdasarkan akreditasi sekolah dan (4) perbedaan kompetensi guru BK berdasarkan lama masa kerja. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh guru BK pada SMA Negeri di Kabupaten Rejang Lebong yang berjumlah 16 orang. Keseluruhan populasi dijadikan sampel penelitian atau dikenal dengan istilah sensus. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dengan menggunakan model skala Likert. Tujuan penelitian pertama dianalisis dengan teknik persentase, tujuan penelitian kedua dianalisis dengan teknik naratif, tujuan penelitian ketiga dan keempat dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Temuan penelitian ini adalah: (1) secara umum kompetensi guru BK saat ini cukup baik, (2) upaya pembinaan yang dilakukan masih bersifat umum yang ditujukan untuk seluruh guru di sekolah, (3) terdapat perbedaan kompetensi guru BK berdasarkan akreditasi sekolah meskipun tidak signifikan, dan (4) terdapat perbedaan kompetensi guru BK berdasarkan lama masa kerja meskipun tidak signifikan. Dengan adanya hasil penelitian ini diharapkan agar guru BK melaksanakan tugas keprofesionalan di sekolah mengacu kepada standar kompetensi yang telah ditetapkan dan agar kepala sekolah meningkatkan perannya dalam penyelenggaraan pelayanan BK di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling dan Upaya Pembinaan (Studi pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Rejang Lebong)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 08 Dec 2025 08:49
Last Modified: 08 Dec 2025 08:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31199

Actions (login required)

View Item
View Item