CKeefektifan Penggunaan Spinning Wheel Game terhadap Kemampuan Penggunaan Simple Present Tense Siswa SMP di Padang

Rahmi, Annisa A (2024) CKeefektifan Penggunaan Spinning Wheel Game terhadap Kemampuan Penggunaan Simple Present Tense Siswa SMP di Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_ANNISA_ARIFA_RAHMI_20018006_843_2025.pdf] Text
B1_3_ANNISA_ARIFA_RAHMI_20018006_843_2025.pdf

Download (8MB)

Abstract

Dalam kurikulum Merdeka, pemerintah menambahkan Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib. Salah satu materi yang diajarkan adalah simple present tense. Setelah mempelajarinya, siswa mampu menggunakan simple present tense baik dalam bentuk tulisan maupun lisan. Dalam kenyataannya, terdapat beberapa kendala dalam pembelajaran simple present tense di SMPN 22 Padang, misalnya media pembelajaran yang digunakan kurang menarik dan membosankan. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, untuk membantu siswa benar-benar memahami simple present tense, peneliti menggunakan media spinning wheel game. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepemilikan permainan spinning wheel terhadap kemampuan siswa dalam menggunakan simple present tense. Penelitian ini menggunakan pendekatan pra-eksperimental untuk melakukan analisis kuantitatif. Pada tahun ajaran 2024/2025, populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 22 Padang. Penelitian ini menggunakan metode cluster random sampling. Peneliti memilih kelas VIII.C yang berjumlah 32 siswa sebagai sampel. Sebanyak enam kali pertemuan dilakukan untuk melakukan penelitian ini. Untuk tujuan pengumpulan data, peneliti menggunakan kegiatan pra-tes dan pasca- tes. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah tes tertulis. Pada komponen dasar temuan penelitian, ditentukan bahwa tingkat signifikansi uji-t sampel berpasangan dua sisi lebih rendah dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak, dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan spinning wheel terhadap kemampuan siswa kelas VIII SMPN 22 Padang dalam menggunakan simple present tense.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Spinning wheel game, learning Media, Simple present tense
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 08 Dec 2025 07:57
Last Modified: 08 Dec 2025 07:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31187

Actions (login required)

View Item
View Item