Nisa, Rahmatun (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Pembelajaran Matematika Siswa di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_RAHMATUN_NISA_96832_1127_2014.pdf
Download (545kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari observasi yang dilakukan di SMA N 2 Padang Panjang menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran siswa kurang terlibat aktif selama proses pembelajaran, hasil belajar siswa rendah dan belum sesuai dengan standar ketuntasan yang ditetapkan. Terlihat dari hasil Ujian Tengah Semester I siswa kelas XI IPS yang memperlihatkan masih banyak siswa yang nilainya dibawah KKM. Oleh karena itu, perlu dilakukan suatu tindakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu tindakan yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMA N 2 Padang Panjang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan model rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA N 2 Padang Panjang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sehingga terpilih kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar, berbentuk essay sebanyak 7 butir. Hasil tes dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis data penelitian diketahui rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 79,1 yang lebih tinggi jika dibandingkan rata-rata nilai kelas kontrol adalah 63,0. Persentase ketuntasan kelas eksperimen 65,52%, sedangkan persentase ketuntasan kelas kontrol 31,03%. Simpangan baku kelas eksperimen 10,4 lebih rendah dibandingkan simpangan baku kelas kontrol 12,8 dan dari perhitungan uji-t diperoleh nilai P-Value adalah 0,000. Disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang dengan pembelajaran konvensional.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 01:55 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 01:55 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31181 |
