Pengaruh Iklim Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Rao Selatan

Ikhsan, M (2024) Pengaruh Iklim Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Rao Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_M_IKHSAN_20002053_511_2025.pdf] Text
B1_1_M_IKHSAN_20002053_511_2025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah terhadap kedisiplinan belajar siswa di SMK Negeri 1 Rao Selatan. Rumusan masalah adalah adakah pengaruh iklim sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa SMK Negeri 1 Rao Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui iklim sekolah dan kedisiplinan belajar siswa serta mengkaji seberapa besar iklim sekolah mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa SMK Negeri 1 Rao Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subyek penelitian adalah siswa di SMK Negeri 1 Rao Selatan. Populasi berjumlah 548 orang dan sampel ditentukan menggunakan teknik Proportional stratified random sampling dengan total sampel sebanyak 91 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket model skala likert kepada seluruh sampel penelitian. Sebelum angket disebarkan dilakukan uji coba terlebih dahulu kepada 30 orang siswa yang ada disana namun siswa yang berada diluar sampel. Hasil uji validitas dan reliabilitas dilakukan dengan bantuan program SPSS 26.0. Dari uji validitas pada variabel X mengahasilkan pertanyaan yaitu sebanyak 28 butir pertanyaan dinyatakan valid dan pada variabel Y yaitu 29 butir pertanyaan yang valid dari 30 pertanyaan yang diujikan. Data dianalisis dengan menggunakan rumus product moment untuk menguji validitas dan rumus alpha croanbach untuk menguji reliabilitas. Berdasarkan pengolahan data dan hasil perhitungan SPSS 26, menjelaskan bahwa kedisipilnan belajar siswa sudah baik dengan capaian 87,4% dan iklim sekolah juga sudah baik dengan capaian 81,5. Adapun pengaruh iklim sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa SMK Negeri 1 Rao Selatan sebesar 0,387. Maka, hipotesis secara stimultan membuktikan adanya pengaruh signifikan antara iklim sekolah dan kedisiplinan belajar siswa. Perhitungan pada koefisien determinasi menerangkan bahwa variabel iklim sekolah mampu menjelaskan variabel kedisiplinan belajar siswa sebesar 38,7%. Iklim sekolah yang kondusif terbukti memberikan pengaruh yang positif terhadap kedisiplinan belajar siswa. Hal ini dapat disimpulkan bahwa semakin kondusif iklim sekolah yang ada, maka semakin tinggi pula tingkat pengaruh kedisiplinan belajar siswa SMK Negeri 1 Rao Selatan. Untuk meningkatkan kondusifitas iklim sekolah di SMK Negeri 1 Rao Selatan kedisiplinan belajar siswa menjadi lebih baik dan membiasakan tanggung jawab yang dilakukan oleh siswa belajar.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Iklim Sekolah, Kedisiplinan Belajar Siswa
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 08 Dec 2025 00:45
Last Modified: 08 Dec 2025 00:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31158

Actions (login required)

View Item
View Item