Efektifitas Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa

Khutami, Syiddik (2015) Efektifitas Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_SYIDDIK_KHUTAMI_1103674_466_2015.pdf] Text
final_1_SYIDDIK_KHUTAMI_1103674_466_2015.pdf

Download (802kB)

Abstract

Proses belajar merupakan bagian yang amat penting dalam kegiatan belajar di sekolah. Melalui kegiatan belajar materi pokok yang harus dikuasai siswa akan dibahas oleh guru dan siswa, melatihkan bermacam-macam keterampilan, mengerjakan berbagai tugas sehingga siswa melakukan kegiatan belajar dalam rangka memahami dan menguasai materi pokok yang dimaksudkan. Keterampilan belajar merupakan suatu sistem, metode dan teknik yang baik dikuasai oleh siswa tentang materi pengetahuan yang disampaikan oleh guru secara tangkas, efektif, danefisien. Layanan penguasaan konten adalah salah satu layanan dalam bimbingan dan konseling yang terbukti mampu meningkatkan keterampilan belajar siswa di sekolah. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan layanan penguasaan konten untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah menguji:(1) perbedaan keterampilan belajar siswa kelompok eksperimen pada pretest dan posttest, (2) perbedaan keterampilan belajar siswa kelompok kontrol pada pretest dan posttest, (3) perbedaan keterampilan belajar siswa pada posttest kelompok ekperimen dan posttest kelompok kontrol. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimen Pre-test Post-test Control Group Design. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling yang terpilih dari kelas X SMAN 1 Bonjol yang dijadikan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Setiap kelompok beranggotakan 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan 1.Paired Samples t test, 2. Independen sampel t test dengan bantuan SPSS versi 16. Temuan penelitian menunjukkan bahwa secara umum layanan penguasaan konten efektif untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa. Secara khusus: (1) terdapat perbedaan keterampilan belajar siswa kelompok eksperimen pada pretest dan posttest (2) Terdapat perbedaan keterampilan belajar siswa kelompok kontrol pada pretest dan posttest(3) Terdapat perbedaan keterampilan belajar siswa pada posttest kelompok ekperimen dengan posttest kelompok kontrol. Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa keterampilan belajar siswa dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten. Penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya melaksanakan layanan penguasaan konten di sekolah oleh guru BK, sehingga dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa dalam proses belajar.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Layanan Penguasaan Konten, Keterampilan Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 08 Dec 2025 00:41
Last Modified: 08 Dec 2025 00:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31151

Actions (login required)

View Item
View Item