Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Yang Bekerja dengan Tidak Bekerja Jurusan Teknik Sipil FT-UNP.

Purwanto, Hadi (2013) Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Yang Bekerja dengan Tidak Bekerja Jurusan Teknik Sipil FT-UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_Hadi_ Purwanto_00535_195_2013.pdf] Text
final_B1_02_Hadi_ Purwanto_00535_195_2013.pdf

Download (647kB)

Abstract

Latar belakang masalah, faktor ekonomi membuat mahasiswa kuliah sambil bekerja, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar mahasiswa dan beban studi yang diselesaikan mahasiswa tidak merata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar (IPK) mahasiswa yang bekerja dengan tidak bekerja Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dan komparatif jenis kuantitatif. Populasi penelitian adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT-UNP Tahun Masuk 2008 sampai 2011 yang terdaftar pada Semester Juli-Desember 2012, berjumlah sebanyak 277 orang. Untuk menentukan ukuran sampel digunakan rumus Taro Yamane, sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan secara Propotional Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sebelum digunakan untuk memperoleh data, angket diuji validitas dan relibialitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis varians satu jalan. Untuk menguji hipotesis digunakan Uji r dan Uji t. Hasil penelitian ini pada tingkat kepercayaan 95% dari hasil pengujian korelasional aktivitas belajar dengan hasil belajar mahasiswa yang bekerja didapat nilai rhitung= 0,548 > rtabel= 0,297. Nilai signifikan ialah thitung= 4,532 > ttabel= 2,01. hasil pengujian korelasional aktivitas belajar dengan hasil belajar mahasiswa tidak bekerja didapat nilai rhitung= 0,266 > rtabel= 0,188. Nilai signifikan adalah thitung= 2,88 > ttabel= 1,66 dan hasil pengujian komparatif didapat nilai thitung= 4,449 > ttabel= 1,645. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penelitian ini, pada pengujian hipotesis korelasional menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar mahasiswa dan pada pengujian hipotesis komparatif menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa yang bekerja dengan tidak bekerja Jurusan Teknik Sipil FT-UNP pada semester Juli-Desember 2012.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: mahasiswa, aktivitas, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 08 Dec 2025 00:40
Last Modified: 08 Dec 2025 00:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31146

Actions (login required)

View Item
View Item