Arifin, Berlian Putri (2025) Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Video Animasi terhadap Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_1_BERLIAN_PUTRI_ARIFIN_21016063_1248_2025.pdf
Download (13MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMANegeri 15 Padang sebelum perlakuan. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks Negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang sesudah menggunakan Model Project Based Learning Berbantuan Media Video Animasi pada kelas eksperimen. Ketiga, mendeskripsikan keterampilan menulis teks negosiasi sisiwa kelas X SMA Negeri 15 Padang menggunakan model konvensional. Keempat, menganalisis pengaruh model project based learning berbantuan media video animasi terhadap keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang Penelitian ini berlandaskan pada teori model Project Based Learning suatu model dengan menggunakan suatu masalah sebagai langkah awal dalam pembelajaran dengan langkah akhir siswa mampu menciptakan sebuah proyek, yang bertujuan agar siswa dapat memahami materi pembelajaran serta mampu berpikir kritis sehingga siswa juga diharapkan menjadi kreatif, inovatif dan berperan aktif saat proses pembelajaran berlangsung. Media video animasi digunakan dalam berbagai konteks pembelajaran karena dapat menyederhanakan konsep yang kompleks, menyajikan informasi secara runtut, dan membantu meningkatkan pemahaman serta daya ingat siswa. Dalam konteks pembelajaran menulis teks berita, keterampilan menulis yang dikembangkan meliputi pemahaman terhadap struktur teks negosiasi, isi teks negosiasi, unsur kebahasaan teks negosiasi, dan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasy Eksperimen. Design penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah siswa 348 dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan rata-rata nilai mid semester ganjil siswa tahun 2024/2025. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 15 melalui posttest di kelas eksperimen dan kelas kontrol pada siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang. Instrumen penelitian ini adalah tes. Pada penelitian ini menggunakan instrumen tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks negosiasi. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, uji persyaratan analisis data, dan uji-t.Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang sebelum perlakuan hampir sama, yaitu kelas eksperimen berapa pada kualifikasi Kurang (K) dengan rata-rata 45,63, dan kelas kontrol berada pada kualifikasi Kurang (K) dengan nilai rata-rata 45,54. Kedua, keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang sesudah menggunakan model project based learning berbantuan media video animasi berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 82,95, dan kelas kontrol menggunakan model konvensional berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 76,16. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena nilai ������ (1,69) < �hi���g (3,20). Penggunaan model project based learning mampu menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, kreatif, dan kontekstual, sehingga siswa lebih mudah memahami struktur, isi, unsur kebahasaan, dan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) teks negosiasi serta mampu mengembangkan ide-ide secara tertulis dengan lebih terarah. Media video animasi turut berperan dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Dengan demikian, model Project Based Learning berbantuan video animasi dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa, khususnya dalam teks negosiasi. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan keterampilan menulis siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan media video animasi lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 00:38 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 00:39 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31142 |
