Budaya Sekolah SMP Negeri 1 Lengayang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Saputra, Syaswandi Jaya (2013) Budaya Sekolah SMP Negeri 1 Lengayang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_SYASWANDI_JAYA_SAPUTRA_19702_2816_2013.pdf] Text
final_1_SYASWANDI_JAYA_SAPUTRA_19702_2816_2013.pdf

Download (332kB)

Abstract

Budaya sekolah berperan terhadap keefektifan sekolah, karena budaya merupakan jiwa ( spirit ) dari sebuah sekolah yang memberikan makna terhadap kegiatan kependidikan sekolah tersebut, jika budaya sekolah itu lemah, maka ia tidak kondusif bagi pembentukan sekolah efektif, sebaliknya budaya sekolah kuat maka menjadi fasilitator bagi peningkatan sekolah efektif. Berdasarkan pengamatan peneliti terlihat bahwa budaya sekolah di SMP Negeri 1 Lengayang belum sebagai fasilitator bagi peningkatan sekolah efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan budaya sekolah di SMP Negeri 1 Lengayang. Metode penelitian mengunakan metode penelitian kualitatif. Adapun tahapan yang dilakukan, menentukan lokasi, menetapkan focus penelitian, merumuskan masalah dan pertanyaan, menetapkan informan dan mengumpulkan data penelitian. Informan penelitian dipilih dengan menggunakan tehnik snowball sampling. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data atau verifikasi data. Untuk menjamin keabsahan data dilakukan dengan tehnik perpanjangan keikutsertaan, dimana peneliti lebih lama serta mengikuti aktivitas-aktivtas yang ada ditempat penelitian dan triangulasi, dimana peneliti membandingkan data hasil pengamatan dengan apa yang dikatakan informan dan yang dilakukan sepanjang waktu serta dengan pendapat dan pandangan orang lain. Temuan penelitian ini adalah : 1) pola prilaku yang ditampilkan warga sekolah dalam melaksanakan tugasnya yakni : patuh terhadap ajaran agama dan dapat dipercaya, menghargai dan memberikan perlakuan yang sama, tertib dan patuh, menunjukan kesungguhan mengatasi berbagai hambatan serta penyelesaian tugas, cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban, berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan diri dan kelompok, mendorong untuk menghasilkan yang berguna, mengakui dan menghormati keberhasilan, rasa senang berbicara, bergaul dan bekerja sama, mencegah kerusakan lingkungan dan ingin memberi bantuan, melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang dilakukan terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan dan negara, didasari untuk menjadikan sekolah yang efektif sehingga menghasilkan prestasi. 2 ) pola prilaku kepala sekolah dalam membina budaya sekolah yaitu dengan melibatkan semua warga sekolah dalam kegiatan sekolah, bekerja sama dalam membuat keputusan, menghargai, transparan dalam keuangan, peduli terhadap warga sekolah dan lingkungan, memberikan apresiasi dalam prestasi dan menciptakan suasana yang menantang untuk berprestasi, ini didasari agar sekolah efektif dan menghasilkan prestasi.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Budaya Sekolah SMP Negeri 1 Lengayang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 08 Dec 2025 00:36
Last Modified: 08 Dec 2025 00:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31138

Actions (login required)

View Item
View Item