Yofrizal, Yofrizal (2016) Pelaksanaan Supervisi Akademik di SMA Pertiwi I Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_YOFRIZAL_19012_3713_2016.pdf
Download (4MB)
Abstract
Fenomena kurang terlaksananya supervisi tidak bisa dibiarkan terus, karena akan berdampak pada rendahnya mutu pembelajaran, oleh sebab itu perlu diteliti masalah penyebabnya. Dengan diketahui penyebabnya bisa dilakukan perbaikan-perbaikan secara tepat sesuai dengan permasahan yang dihadapi guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah dan pengawas pada guru dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang menghambat dalam pelaksanaan supervisi akademik, (3) mendeskripsikan tindak lanjut terhadap hasil supervisi akademik yang di lakukan kepala sekolah dan pengawas. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Pertiwi I Padang. informan utama yang memenuhi persayaratan adalah kepala sekolah, pengawas binaan, guru, dan tata usaha. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik menjamin keabsahan data adalah triangulasi. Teknik analisis data mengorganisasikan data, data yang terkumpul banyak sekali dan terdiri dari catatan lapangan dan komentar peneliti, gambar, dokumen, laporan, dan lain-lain Temuan peneliti ini berupa temuan umum dan temuan khusus. Temuan umum adalah profil SMA Pertiwi I Padang, dan temuan khusus adalah : (1)kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi sudah mempunyai program supervisi, dan teknik yang digunakan adalah kunjungan kelas namun dalam pelaksanaanya terhadap sebagian guru belum mengikuti langkah-langkah seharusnya. (2) Kendala kepala sekolah melakukan supervisi adalah faktor psikologis, keterbatasan waktu, keterbatasan pengetahuan dan keterampilan, sedangkan bagi pengawas kendala yang dihadapi adalah masalah guru yang meanggap bahwa supervisi mencari-cari kesalahan guru. Di samping itu dan jauhnya jarak tempuh antar sekolash-sekolah yang dibina. (3) Kepala sekolah belum melakukan pembinaan tindak lanjut secara merata terhadap hasil supervisi yang di peroleh.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan, Supervisi Akademik |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 00:36 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 00:36 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31137 |
