Pengaruh Penggunaan Modul Berbasis Komputer dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Primadani, Yessi (2013) Pengaruh Penggunaan Modul Berbasis Komputer dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_YESSI_PRIMADANI_91532_6590_2013.pdf] Text
final_1_YESSI_PRIMADANI_91532_6590_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Kota Solok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti pelajaran dengan menggunakan modul berbasiskan komputer dengan hasil belajar siswa yang mengikuti pelajaran dengan menggunakan buku teks, (2) Ada tidaknya perbedaan hasil belajar TIK kelompok siswa yang mempunyai kebiasaan belajar baik dengan kelompok siswa yang mempunyai kebiasaan yang tidak baik, (3) Ada tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah kelas Sepuluh SMAN 3 Kota Solok. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh siswa kelas X10 sebagai kelas eksperimen dan X9 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dianalisis dengan ANAVA. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan (1) Terdapat perbedaan antara hasil belajar kelompok siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran modul berbasis komputer dengan hasil belajar kelompok siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional menggunakan buku teks, (2) Terdapat perbedaan hasil belajar kelompok siswa yang kebiasaan belajar yang baik dengan kelompok siswa kebiasaan belajar yang tidak baik, (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Yessi Primadani. 2013. Pengaruh Penggunaan Modul Berbasis Komputer dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 08 Dec 2025 00:36
Last Modified: 08 Dec 2025 00:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31136

Actions (login required)

View Item
View Item