Kontribusi Supervisi Akademik oleh Pengawas dan Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Keberhasilan Pelaksanaan Tugas Guru SMP Negeri di Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan.

Yesrizal, Yesrizal (2012) Kontribusi Supervisi Akademik oleh Pengawas dan Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Keberhasilan Pelaksanaan Tugas Guru SMP Negeri di Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_YESRIZAL_19707_1120_2013.pdf] Text
final_1_YESRIZAL_19707_1120_2013.pdf

Download (194kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan dilapangan, teramati bahwa Keberhasilan Pelaksanaan Tugas Guru SMP Negeri di Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan masih kurang baik. Peneliti menduga Supervisi Akademik oleh Pengawas dan Kompetensi Kepribadian Guru berkontribusi terhadap Keberhasilan Pelaksanaan Tugas Guru SMP Negeri di Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan, oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan besarnya kontribusi Supervisi Akademik oleh Pengawas terhadap Keberhasilan Pelaksanaan Tugas Guru, kontribusi Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Keberhasilan Pelaksanaan Tugas Guru dan kontribusi Supervisi Akademik oleh Pengawas dan Kompetensi Kepribadian Guru secara bersama-sama terhadap Keberhasilan Pelaksanaan Tugas Guru di SMP Negeri di Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah: 1) Supervisi Akademik oleh Pengawas berkontribusi terhadap Keberhasilan Pelaksanaan Tugas Guru, 2) Kompetensi Kepribadian berkontribusi terhadap Keberhasilan Pelaksanaan Tugas Guru, 3) Supervisi Akademik oleh Pengawas dan Kompetensi Kepribadian Guru secara bersama-sama berkontribusi terhadap Keberhasilan Pelaksanaan Tugas Guru. Populasi penelitian ini adalah 94 guru SMP Negeri di Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Dengan sampel penelitian berjumlah 32 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan angket model skala Likert yang telah diuji kesahihan dan kehandalannya. Data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Supervisi Akademik oleh Pengawas berkontribusi terhadap Keberhasilan Pelaksanaan Tugas Guru sebesar 41,1%. 2) Kompetensi Kepribadian Guru berkontribusi terhadap Keberhasilan Pelaksanaan Tugas Guru sebesar 22,0%. 3) Supervisi Akademik oleh Pengawas dan Kompetensi Kepribadian Guru secara bersama-sama berkontribusi terhadap Keberhasilan Pelaksanaan Tugas Guru sebesar 52,8%.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: YESRIZAL, 2012. Kontribusi Supervisi Akademik oleh Pengawas dan Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Keberhasilan Pelaksanaan Tugas Guru SMP Negeri di Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 05 Dec 2025 01:40
Last Modified: 05 Dec 2025 01:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31133

Actions (login required)

View Item
View Item