Peningkatan Kemampuan Menulis Dongeng dengan Teknik Melanjutkan Cerita Siswa Kelas VII.2 SMP Negeri 2 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan

Yulmiati, Y (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Dongeng dengan Teknik Melanjutkan Cerita Siswa Kelas VII.2 SMP Negeri 2 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YULMIATI_95791_4490_2012.pdf] Text
final_B1_1_YULMIATI_95791_4490_2012.pdf

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga fenomena. Pertama kurangnya minat siswa dalam menulis karena menulis dianggap pembelajaran yang membosankan. Kedua, teknik yang digunakan dalam pembelajaran menulis tidak bervariasi sehingga siswa cepat bosan. Ketiga, kurangnya motivasi dari guru yang bersangkutan khususnya untuk menunjang kemampuan menulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan Menulis Dongeng dengan Teknik Melanjutkan Cerita Siswa Kelas VII.2 SMP Negeri 2 Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII.2 SMP Negeri 2 Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan tahun ajaran 2010/2011 yang tersebar merata sebanyak 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sample. Kelas yang terpilih untuk menjadi sampel adalah kelas VII.2. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes unjuk kerja menulis dongeng dengan teknik melanjutkan cerita. Data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan rumus persentase, guna mengetahui nilai rata-rata kemampuan siswa dalam menulis dongeng dengan teknik melanjutkan cerita siswa kelas VII.2 SMP Negeri 2 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan teknik melanjutkan cerita dalam pembelajaran menulis dongeng, efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis dongeng dengan teknik melanjutkan cerita siswa kelas VII.2 SMP Negeri 2 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa yang diperoleh dari siklus I yaitu rata-rata nilai siswa 59,59 sedangkan pada siklus II rata-rata nilai siswa 73,23. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran menulis dongeng dengan menggunakan teknik melanjutkan cerita meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.2 SMP Negeri 2 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 05 Dec 2025 01:38
Last Modified: 05 Dec 2025 01:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31125

Actions (login required)

View Item
View Item