Pengaruh Metode Preview Question Read State Test (PQRST) dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMK Muhammadiyah 02 Pekanbaru.

Yenimar, Yenimar (2009) Pengaruh Metode Preview Question Read State Test (PQRST) dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMK Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_YENIMAR_91587_6260_2012.pdf] Text
final_1_YENIMAR_91587_6260_2012.pdf

Download (99kB)

Abstract

Hasil identifikasi masalah di SMK Muhammadiyah 02 Pekanbaru menunjukkan pola pembelajaran berpusat pada guru, dan cenderung menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa pasif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh pembelajaran metode PQRST dan minat terhadap hasil belajar melalui empat rumusan masalah: (1) Apakah hasil belajar kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan metode PQRST lebih tinggi daripada kelompok siswa yang belajar menggunakan metode konvensional, (2) Apakah hasil belajar kelompok siswa dengan minat belajar tinggi yang belajar dengan metode PQRST lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kelompok siswa yang belajar dengan metode konvensional, (3) hasil belajar kelompok siswa dengan minat belajar rendah yang diajar dengan metode PQRST lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kelompok siswa yang belajar dengan metode konvensional, (4) terdapat interaksi antara metode PQRST dengan minat belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan disain penelitian faktorial 2x2, control group design. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 02 Pekanbaru semester ganjil tahun 2008/2009. Sampel diambil dengan teknik Porposive random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui tes awal dan tes akhir. Data dianalisis dengan uji t dan analisis varian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang belajar menggunakan metode PQRST lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang belajar secara konvensional, (2) hasil belajar siswa yang memiliki minat tinggi yang belajar dengan menggunakan metode PQRST lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang belajar dengan cara konvensional, (3) hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar rendah yang belajar menggunakan metode PQRST lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang belajar dengan cara konvensioanal, (4) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran PQRST dengan minat belajar. Dapat disimpulkan bahwa metode PQRST berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Yenimar. 2009. Pengaruh Metode Preview Question Read State Test (PQRST) dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMK Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 05 Dec 2025 01:35
Last Modified: 05 Dec 2025 01:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31117

Actions (login required)

View Item
View Item