Pengaruh Penggunaan Simbol Sistem Audiovisual dan Simbol Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa

Syamsuardi, Syamsuardi (2011) Pengaruh Penggunaan Simbol Sistem Audiovisual dan Simbol Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_SYAMSUARDI_52911_3039_2012.pdf] Text
final_1_SYAMSUARDI_52911_3039_2012.pdf

Download (90kB)

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran di SMA Cendana Pekanbaru terindikasi bahwa: (1) Guru belum mampu mengembangkan strategi penggunaan media pembelajaran secara baik dan tepat dalam upaya meningkatkan hasil belajar Kewarganegaraan siswa, Hasil belajar siswa belum memenuhi standar ketuntasan minimal (KKM) sebesar 7,0. Kurangnya penggunaan media audiovisual seperti video, VCD, dan slide animasi oleh guru dalam pembelajaran. Beberapa guru tertentu masih menggunakan media gambar seperti; foto, sketsa, diagram (chart) dan grafik; hal ini menimbulkan kurangnya perhatian dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan simbol sistem audiovisual dan simbol gambar terhadap hasil belajar siswa melalui tiga rumusan masalah: (1) Apakah pengaruh penggunaan simbol audiovisual terhadap hasil belajar Kewarganegaraan siswa lebih tinggi daripada menggunakan simbol gambar. Apakah siswa yang mempunyai pengetahuan awal tinggi memperoleh hasil belajar lebih tinggi daripada siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah. Apakah terdapat interaksi antara simbol sistem dengan pengetahuan awal dalam menentukan hasil belajar Kewarganegaraan. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan disain penelitian faktorial 2x2, control group design. Penelitian ini dilakukan di SMA Cendana Pekanbaru semester genap tahun 2010/2011. Sampel diambil dengan teknik Purposive random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui tes awal dan tes akhir. Data dianalisis dengan analisis varian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) siswa yang belajar menggunakan simbol audiovisual memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan menggunakan simbol gambar, (2) siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi yang belajar dengan simbol audiovisual memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi daripada siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah yang belajar dengan menggunakan simbol gambar, dan (3) tidak terdapat interaksi antara simbol audiovisual dengan pengetahuan awal dan hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa media audio berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Siswa yang mempunyai pengetahuan awal rendah sebaiknya menggunakan simbol gambar untuk mendapatkan hasil belajar maksimal.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Penggunaan Simbol Sistem Audiovisual dan Simbol Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 05 Dec 2025 01:35
Last Modified: 05 Dec 2025 01:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31115

Actions (login required)

View Item
View Item