Shafardinus, Rahmat (2015) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Geografi Antara Kelas yang Menggunakan Media Proyeksi Prezi sebagai Media Pembelajaran dan Kelas yang Menggunakan Media Pembelajaran Konvensional di Kelas Xi Sosial SMA Negeri 1 Lembah Gumanti. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_RAHMAT_SHAFARDINUS_13170_4872_2015.pdf
Download (764kB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara antara pengggunaan media pembelajaran prezi dengan pengggunaan media pembelajaran konvensional yang biasa dilakukan guru mata pelajaran geografi di kelas XI Sosial SMA Negeri 1 Lembah Gumanti. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen model Posttest Only Control Design, dengan menggunakan rancangan media pembelajaran dalam bentuk kanvas virtual Prezi yang berisikan materi, konsep-konsep geografi, gambar, animasi, rangkuman dan evaluasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Sosial 1 dan Kelas XI Sosial 2 SMA Negeri 1 Lembah Gumanti tahun ajaran 2013/2014. Dari hasil penelitian ditemukan perbedaan hasil belajar (gain) kedua kelompok sampel adalah sebesar 7,1 %, uji hipotesis dengan menggunakan uji t didapat thitung = 2,29 sedangkan ttabel = 1,703 berarti thitung > ttabel sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang positif antara penggunaan software prezi sebagai media proyeksi pembelajaran dengan media pembelajaran konvensional yang digunakan guru mata pelajaran geografi kelas XI sosial di SMAN 1 Lembah Gumanti.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PELAJARAN GEOGRAFI |
| Subjects: | G Geography L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 01:52 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 01:52 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31101 |
