Kontribusi Lingkungan Keluarga dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan Pada Mata Pelajaran Mengindentifikasi Ilmu Bangunan Gedung di SMK Negeri 1 Pariaman.

Arif, Agus (2016) Kontribusi Lingkungan Keluarga dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan Pada Mata Pelajaran Mengindentifikasi Ilmu Bangunan Gedung di SMK Negeri 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_AHMAD_ARIF_2343_1207451_2016 ok.pdf] Text
B1_01_AHMAD_ARIF_2343_1207451_2016 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas X TGB pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dalam Mata Pelajaran Mengindentifikasi Ilmu Bangunan Gedung, dimana 27.42% siswa mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) mengungkapkan seberapa besar kontribusi lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa 2) mengungkapkan seberapa besar kontribusi cara belajar terhadap hasil belajar siswa 3) mengungkapkan seberapa besar kontribusi lingkungan keluarga dan cara belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMKN 1 Pariaman. Sampel berjumlah 62 siswa,yang dipilih dengan teknik total sampling. Intrumen yang digunakan adalah skala dengan menggunakan model skala likert. Data penelitian dianalisis dengan metode Product Moment, regresi linear sederhana dan regresi linear ganda.
Temuan penelitian ini 1) tingkat pencapaian lingkungan keluarga secara rata-rata pada kategori kurang, 2) tingkat pencapaian cara belajar secara rata-rata pada kategori kurang, 3) tingkat pencapaian hasil belajar secara rata-rata pada kategori sedang, 4) terdapat kontribusi signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar (r = 0.109), 5) terdapat kontribusi signifikan antara cara belajar dengan hasil belajar (r = 0.101), 6) terdapat kontribusi signifikan antara lingkungan keluarga dan cara belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar (R = 0117).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan keluarga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 05 Mar 2025 06:55
Last Modified: 05 Mar 2025 06:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3110

Actions (login required)

View Item
View Item