Pengaruh Tutor Sebaya terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Menika Kelas X TGB di SMK Negeri 1 Batipuh Tanah Datar

Putra, Rahmat Nuryanto (2019) Pengaruh Tutor Sebaya terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Menika Kelas X TGB di SMK Negeri 1 Batipuh Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_RAHMAT_NURYANTO_PUTRA_18634_1044_2019.pdf] Text
final_B1_1_RAHMAT_NURYANTO_PUTRA_18634_1044_2019.pdf

Download (798kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang masih mendapatkan nilai rendah pada mata pelajaran mekanika dan tidak meratanya kemampuan dari setiap siswa dalam memahami mata pelarajan ini. Hal ini menyebabkan tidak maksimal hasil belajar siswa di kelas X TGB SMK Negeri 1 Batipuh. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu siswa yang memiliki daya pemahaman yang lemah dalam mata pelajaran ini agar menjadi lebih mengerti dengan bantuan mentor dari teman sebaya atau yang disebut tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dalam rancangan True Experimental Design dalam bentuk Pre-Test Post-Test Control Group Design. Metode ini memberikan suatu perlakuan kepada salah satu kelompok yaitu kelompok eksperimen sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Sementara untuk mendapatkan sampel dari kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol dipilih secara sampling jenuh dengan pengelompokannya menggunakan teknik sampling acak. Sebagai penelitian kuantitatif, peneliti menganalisis data dengan menggunakan uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dengan menggunakan tutor sebaya terhadap metode konvensional. Rata-rata nilai kelompok kontrol pada pre-test adalah 67,91 dan post-test adalah 75,41. Sementara, nilai rata-rata kelas eksperimen pada pre-test adalah 72,91 dan post-test adalah 90,00. Hal ini menunjukkan bahwa skor siswa pada kelas kontrol lebih rendah dibanding skor nilai siswa pada kelas eksperimental. Sehingga disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Dengan kata lain, terdapat pengaruh penggunaan tutor sebaya terhadap prestasi belajar mata pelajaran mekanika kelas X TGB di SMKN 1 Batipuh. Kata kunci: Pengaruh, Tutor Sebaya, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TUTOR SEBAYA, PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MEKANIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil Bangunan Gedung-D3
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 03 Dec 2025 01:53
Last Modified: 03 Dec 2025 01:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31095

Actions (login required)

View Item
View Item