Mayasari, Yuriska (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_03_YURISKA_MAYASARI_14205069_1617_2016 TESIS.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pemecahan masalah merupakan kemampuan yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Kemampuan pemecahan masalah digunakan pada proses pembelajaran maupun penyelesaian masalah. Peserta didik memperoleh pengalaman menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya untuk diterapkan pada pemecahan masalah. Kenyataannya kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah. Kemampuan pemecahan masalah perlu ditingkatkan agar peserta didik mampu menghadapi perubahan di dunia yang selalu berkembang. Peserta didik harus mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya dalam pemecahan masalah. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik adalah mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari upaya pengembangan ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis PBL yang valid, praktis dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari 3 tahap yaitu, preliminary, prototyping dan assesment. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPN 25 Padang. Validasi dilakukan oleh pakar pendidikan matematika, teknologi pendidikan, dan bahasa Indonesia. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil angket praktikalitas terhadap pelaksanaan pembelajaran, angket peserta didik dan guru. Kefektifan dilihat dari hasil kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis PBL yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk. Perangkat pembelajaran sudah praktis dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan, karena perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran matematika. Perangkat pembelajaran juga telah efektif karena dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis PBL kelas VIII Semester I yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Perangkat Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Model Plomp |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 01:32 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 01:32 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31089 |
