Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Whiteboard dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 6 Padang pada Mata Pelajaran Matematika

Asril, Yefri (2014) Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Whiteboard dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 6 Padang pada Mata Pelajaran Matematika. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_YEFRI_ASRIL_1103961_1663_2014.pdf] Text
final_1_YEFRI_ASRIL_1103961_1663_2014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ilmu matematika berkaitan dengan teknologi dan cara mencari tahu tentang pengukuran secara sistematis, sehingga matematika bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) Perbedaan hasil belajar Matematika kelompok siswa yang diajar dengan media Interaktif whiteboard dari pada siswa yang belajar dengan media konvensional, (2) Perbedaan hasil belajar Matematika siswa yang mempunyai motivasi tinggi yang belajar dengan menggunakan media Interaktif whiteboard dengan siswa yang belajar Matematika dengan media konvensional, (3) Interaksi antara media Interaktif whiteboard dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis quasi experiment (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK N 6 Padang tahun pelajaran 2012/2013 semester genap sebanyak sebelas kelas yaitu terdiri dari 319 orang siswa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, kelas eksperimen pada program keahlian patiseri yaitu sebanyak 26 orang dan kelas kontrol program keahlian perhotelan 1 yaitu sebanyak 26 orang. Teknik analisis data yang digunakan ANAVA dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar Matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan media Interaktif Whiteboard lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan tanpa menggunakan media Interaktif Whiteboard pada mata pelajaran Matematika, (2) Hasil belajar Matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan media Interaktif Whiteboard yang bermotivasi belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang bermotivasi belajar tinggi yang diajarkan dengan tanpa menggunakan media Interaktif Whiteboard pada mata pelajaran Matematika, (3) Tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran Interaktif Whiteboard dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Yefri Asril. 2014. “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Whiteboard dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 6 Padang pada Mata Pelajaran Matematika”. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 05 Dec 2025 01:31
Last Modified: 05 Dec 2025 01:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31078

Actions (login required)

View Item
View Item