Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Alat-alat Optik Kelas X SMA N 3 Padang

Rikardo, Dony (2011) Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Alat-alat Optik Kelas X SMA N 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DONY RIKARDO-73130-2011.pdf] Text
final_B1_DONY RIKARDO-73130-2011.pdf

Download (876kB)

Abstract

Pembelajaran Fisika di SMA N 3 Padang membutuhkan bahan ajar yang mampu mendorong siswa mengkonstruksi pengetahuan dan mencapai kompetensi dasar. Selain itu, kompetensi guru dalam menggunakan bahan ajar berbasis ICT dibutuhkan agar tercipta proses pembelajaran yang membangkitkan motivasi,
memacu interaktif, menimbulkan inspiratif, dan memberi ruang yang cukup untuk prakarsa kreativitas. Kenyataan yang ditemukan adalah minimnya jenis, jumlah,dan pemanfaatan bahan ajar mengggunakan ICT. Salah satu alternatif adalah
mengembangkan bahan ajar multimedia interaktif Fisika menggunakan Macromedia Flash 8 Professional. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar multimedia interaktif Fisika menggunakan Macromedia Flash 8
Professional yang valid dan digunakan dalam pembelajaran Fisika pada SMA N 3 PADANG. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan. Objek penelitian
adalah bahan ajar multimedia interaktif Fisika. Prosedur penelitian meliputi mengenal potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, mendesain produk,menvalidasi desain, memperbaiki desain, dan menguji coba produk. Instrumen
pengumpul data penelitian adalah lembar validasi. Analisis produk yang digunakan adalah teknik mendeskripsikan, sedangkan analisis data ada dua yaitu:metoda grafik dan analisis deskriptif. Berdasarkan analisis produk dan data yang telah dilakukan dapat dikemukakan tiga hasil penelitian ini. Pertama, bahan ajar multimedia interaktif
terdiri dari menu intro, menu utama, menu materi, dan menu soal evaluasi yang dilengkapi dengan aspek multimedia yaitu teks, gambar, animasi, sound, dan video. Kedua, bahan ajar multimedia interaktif yang dihasilkan memiliki nilai
validitas yang tinggi. Ketiga, kelebihan desain bahan ajar multimedia interaktif setelah revisi terletak pada penampilan bahan ajar lebih optimal, konsistensi dan
kerapian tulisan lebih baik, dan kejelasan informasi pada materi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 03 Dec 2025 01:47
Last Modified: 03 Dec 2025 06:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31068

Actions (login required)

View Item
View Item