Sari, Yuliana (2018) Hubungan antara Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_YULIANA_SARI_14016055_4085_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tujuan Penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMK Negeri 3 Padang. Kedua, mendeksripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 3 Padang. Ketiga, mendeskripsikan hubungan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metodekorelasional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah hubungan dua variabel. Populasi penelitian ini siswa kelas X SMK Negeri 3 Padangyang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 191 siswa yang tersebar dalam enam kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik acak sederhana dengan presisi sebesar 15% menggunakan teknikproporsional random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks laporan hasil observasi dan tes objektif keterampilan membaca pemahaman. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, diperoleh tiga hal berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMK Negeri 3 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup. Hal ini disimpulkan berdasarkan rata-rata hitung sebesar 74,54. Kedua,keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 3 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup. Hal ini terlihat dari perolehan rata-rata hitung tes menulis teks laporan hasil observasi sebesar 65,56. Ketiga, keterampilan membaca pemahaman teks laporan hasil observasi memiliki hubungan sebesar 0,788terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 3 Padang dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil hipotesi dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks laporan hasil observasi memiliki hubungan terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 3 Padang. Dengan kata lain, hipotesis kerja (H 1 Terdapat hubungan keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 3 Padang .
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 01:28 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 01:28 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31057 |
