Motivasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah dalam Mengikuti Mata Pelajaran Bahasa Arab dan Implikasinya Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling (Studi pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Sungai Penuh yang Berasal dari Sekolah Menengah Pertama)

Chandra, Yasrial (2015) Motivasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah dalam Mengikuti Mata Pelajaran Bahasa Arab dan Implikasinya Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling (Studi pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Sungai Penuh yang Berasal dari Sekolah Menengah Pertama). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_YASRIAL_CHANDRA_1200057_572_2015.pdf] Text
final_1_YASRIAL_CHANDRA_1200057_572_2015.pdf

Download (857kB)

Abstract

Di Madrasah Aliyah (MA) terdapat mata pelajaran bahasa Arab yang
merupakan dasar dari semua mata pelajaran khusus keagamaan. Bagi siswa yang
berasal dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) mata pelajaran bahasa Arab
menjadi mata pelajaran yang baru yang tidak mereka pelajari di SMP, dan hal ini
memungkinkan timbulnya permasalahan belajar bagi siswa yang berasal dari
SMP. Dalam penelitian ini dilihat bagaimana motivasi belajar siswa yang berasal
dari SMP dalam mengikuti mata pelajaran bahasa Arab yang ditinjau dari
ketekunan dalam belajar bahasa Arab, kebutuhan dalam belajar bahasa Arab,
harapan dalam belajar bahasa Arab dan ketertarikan belajar bahasa Arab.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MAN 1 Sungai Penuh yang berasal dari
SMP tahun pelajaran 2014/2015, dengan jumlah sampel 124 siswa yang dipilih
dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan yakni
Skala Likert yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik
sederhana (teknik persentase).
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat motivasi belajar siswa
MA yang berasal dari SMP secara umum berada pada kategori sedang, (a) pada
sub variabel ketekunan dalam belajar bahasa Arab berada pada kategori rendah,
(b) pada sub variabel kebutuhan dalam belajar bahasa Arab berada pada kategori
sedang, (c) pada sub variabel harapan dalam belajar bahasa Arab berada pada
kategori rendah, dan (d) pada sub variabel ketertarikan belajar bahasa Arab berada
pada kategori rendah, 2) layanan-layanan yang dapat diberikan untuk
meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa MA yang dari SMP
berdasarkan hasil penelitian yaitu: layanan orientasi, layanan informasi, layanan
konseling individu, layanan bimbingan kelompok, dan layanan konseling
kelompok.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Mata pelajaran bahasa Arab, siswa MA yang berasal dari SMP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 05 Dec 2025 01:28
Last Modified: 05 Dec 2025 01:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31055

Actions (login required)

View Item
View Item