Syafril, Syafril (2010) Penerapan Pendekatan Konstruktivisme dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_SYAFRIL_10784_3908_2012.pdf
Download (133kB)
Abstract
Aktivitas dan hasil belajar Sejarah di kelas VIII SMP Negeri 1 Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir belum memuaskan. Dari pengalaman penulis selama ini pembelajaran sejarah di sekolah masih bersifat teacher centered, materi pembelajaran cenderung bersifat faktual, hafalan, kurang mengarahkan pada pembangunan pengetahuan oleh peserta didik sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sejarah melalui penerapan pendekatan konstruktivisme. Hipotesis dalam penelitian tindakan ini adalah, (1) penerapan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan aktivitas belajar sejarah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tembilahan Hulu Kabupaten Indrgiri Hilir, dan (2) penerapan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanaan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII.3 dengan jumlah 39 orang. Data penelitian ini dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivisme; (1) dapat meningkatkan aktivitas belajar sejarah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tembilahan Hulu Kabupaten Indrgiri Hilir, dengan kategori baik dan baik sekali pada setiap indikator aktivitas, dan (2) dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir, hal ini dapat dilihat dari nilai rata rata hasil belajar yang diperoleh pada akhir penelitian mencapai 71.41 % dan persentase peserta didik yang mencapai KKM 76.92 %. Dari analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran dengan penerapan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sejarah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Penerapan Pendekatan Konstruktivisme dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir. Tesis Pascasarjana Universitas Negeri Padang. |
| Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 09:59 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 09:59 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/31047 |
