Apriani, Maya Mustika (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X IPS SMAN 12 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_02_MAYA_MUSTIKA_APRIANI_6730_14046020_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Model pembelajaran yang bervariasi penting dalam pembelajaran sejarah karena sangat menentukan hasil belajar siswa. Permasalahan utama penelitian ini adalah rendahnya pengetahuan siswa terhadap materi konsep dalam pembelajaran sejarah. Hasil belajar siswa kelas X IPS SMAN 12 Padang masih banyak dibawah KKM (76). Guru masih dominan menggunakan model pemberian informasi dengan metode ceramah. Untuk itu diperlukan suatu upaya yang dapat mendorong siswa agar belajar aktif. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E yang dapat mengaktifkan siswa untuk menemukan, menyelidiki, mengungkapkan ide dan memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan siswa dalam memahami konsep sejarah dalam hal pemberian contoh. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPS berjumlah 159 orang dengan sampel penelitian berjumlah 64 orang yang diambil dengan cara random kelompok (cluster sampling). Pengambilan data dilakukan dengan cara pretest dan posttest dengan menggunakan perangkat soal pilihan ganda sebanyak 40 soal. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji t). Sebelum uji hipoteis dilakukan, data yang diolah untuk uji hipotesis adalah data selisih pretest dan posttest kelas kontrol dan kelas ekksperimen. Hal ini dilakukan karena kemampuan awal siswa tidak sama. Temuan penelitian menunjukan nilai rata-rata selisih hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 4,96 dengan SD 2,05 sedangkan rata-rata selisih hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 2,71 dengan SD 1,87. Analisis uji normalitas menunjukan kedua sampel berdistribusi normal dimana Lhit<Ltab yakni kelas eksperimen 1,666 dan kelas kontrol 0,964 dengan Ltab 2,036. Hasil uji homogenitas sampel memiliki varian yang homogen dimana Fhit 1,75 < Ftab 2,036. Hasil uji t menunjukan Thit 1,07 < Ttab 2,03 sehingga dapat dinyatakan H0 diterima dan H1 ditolak. Demikian dapat disimpulkan tidak terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS SMAN 12 Padang.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, pembelajaran sejarah, pemahaman konsep, model pembelajaran learning cycle 5e |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 05:44 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 05:45 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30984 |
