Meningkatkan Pembelajaran Keterampilan Merias Wajah Menggunakan Make Up Melalui Model Explicit Instruction bagi Anak Tunarungu Kelas VIII SMPLB: Classroom Action Research di SLB YPPC Painan

Novita, Marthila Wahyu (2022) Meningkatkan Pembelajaran Keterampilan Merias Wajah Menggunakan Make Up Melalui Model Explicit Instruction bagi Anak Tunarungu Kelas VIII SMPLB: Classroom Action Research di SLB YPPC Painan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_Marthila_Wahyu_Novita_18003018_5234_2022.pdf] Text
final_B1_02_Marthila_Wahyu_Novita_18003018_5234_2022.pdf

Download (672kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SLB YPPC Painan pada guru kelas tunarungu VIII B. Guru menggunakan media visual dan praktek pembelajaran keterampilan merias wajah menggunakan make up yang tidak berkelanjutan berdampak pada rendahnya kemampuan siswa dalam kelas VIII B dimana ada duaorang siswa yang mengalami masalah dalam pembelajaran keterampilan merias wajah menggunakan make up. Karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan dan mengetahui apakah model explicit instruction dapat meningkatkan pembelajaran keterampilan menggunakan make up bagi anak tunarungu kelas VIII SMPLB di SLB YPPC Painan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus I empat pertemuan dan siklus II tiga pertemuan terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes perbuatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan awal siswa yaitu RK mendapatkan nilai 37% & dan MD mendapatkan nilai 35%. Setelah diberikan tindakan pada siklus I hasil yang diperoleh siswa yaitu RK mendapatkan nilai 58% dan MD mendapatkan nilai 54%. Pada pelaksanaan tindakan siklus II didapatkan hasil yang diperoleh siswa yaitu RK mendapatkan nilai 91% dan MD mendapatkan nilai 87%.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Keterampilan Merias Wajah Menggunakan Make Up; Model explicit instruction; Tunarungu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 02 Dec 2025 05:33
Last Modified: 02 Dec 2025 05:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30963

Actions (login required)

View Item
View Item