Junairi, Rahmat (2014) Penerapan Lembar Kerja Siswa Berbasis Gaya Belajar Mastery, Interpersonal, Understanding, dan Self-Expressive di Kelas VII Kecerdasan Interpersonal SMP Negeri 7 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_RAHMAT_JUNAIRI_12517_3257_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih banyak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan dan proses pembelajaran matematika yang belum mengakomodasi gaya belajar Mastery, Interpersonal, Understanding, dan Self-Expressive. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas kecerdasan interpersonal adalah dengan menerapkan lembar kerja siswa berbasis gaya belajar Mastery, Interpersonal, Understanding, dan Self- Expressive. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan lembar kerja siswa berbasis gaya belajar Mastery, Interpersonal, Understanding, dan Self- Expressive. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitiannya The One-Shot Case Study. Penelitian dilaksanakan di kelas VII kecerdasan interpersonal SMP Negeri 7 Padang. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling dari populasi penelitian yaitu siswa kelas VII3 SMP Negeri 7 Padang yang terdaftar pada semester 2 tahun pelajaran 2013/2014. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar siswa dan catatan lapangan. Analisis hasil belajar dilakukan dengan melihat nilai tes hasil belajar siswa dan gambaran jawaban siswa. Siswa dikatakan tuntas dalam belajar jika nilai tes hasil belajar siswa melebihi atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan oleh SMP Negeri 7 Padang yaitu 80. Penerapan Lembar Kerja Siswa Berbasis Gaya Belajar Mastery, Interpersonal, Understanding, dan Self-Expressive pada pokok bahasan perbandingan memberikan pengaruh baik pada ketuntasan belajar siswa di kelas VII Kecerdasan Interpersonal SMP Negeri 7 Padang. Berdasarkan tes hasil belajar yang diikuti oleh 32 orang siswa, 68,8% siswa dinyatakan sudah berhasil mencapai nilai KKM dengan rata-rata nilai adalah 75,93. Pada umumnya, siswa sudah bisa menjawab soal yang diberikan dengan sistematis dan dengan cara yang beragam
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | LEMBAR KERJA SISWA, GAYA BELAJAR MASTERY, INTERPERSONAL, UNDERSTANDING, DAN SELF- EXPRESSIVE |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 04:38 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 04:38 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30958 |
