Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Membuat Kuda- Kuda Kayu Melalui Metode Pembelajaran Kerja Kelompok Siswa Kelas XI Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 2 Siatas Barita

Sitompul, Hotber (2013) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Membuat Kuda- Kuda Kayu Melalui Metode Pembelajaran Kerja Kelompok Siswa Kelas XI Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 2 Siatas Barita. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_HOTBER_SITOMPUL_1209499_2014.pdf] Text
final_B1_02_HOTBER_SITOMPUL_1209499_2014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan di sekolah SMK Negeri 2 Siatas Barita pada Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Kayu bahwa proses pembelajaran guru sering menggunakan model pembelajaran ceramah dan pembelajaran didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar membuat kuda-kuda kayu siswa kelas XI melalui model pembelajaran kerja kelompok pada kompetensi keahlian Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 2 Siatas Barita. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dan teknik pengumpulan data berupa tes dan pengamatan (observasi). Tes dilakukan setelah selesai melakukan pembelajaran dan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kerja kelompok. Pengamatan (observasi) dilaksanakan waktu berlangsungnya proses pembelajaran setiap siklus. Subjek penelitian ini siswa-siswa kelas XI pada kompetensi keahlian teknik Konstruksi Kayu tahun pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dalam menggunakan butir soal dan lembar pengamatan (observasi). Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dan peningkatan aktivitas siswa. Hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus I diperoleh persentasi aktivitas siswa sebesar 57.44 % dengan kategori “Kurang”, meningkat menjadi 71,86 % dengan kategori “Baik” pada siklus II. Hasil penilaian tes akhir dan penilaian jobsheet diperoleh nilai akhir sebagai hasil belajar siswa pada siklus I rata rata kelas 70,67 % , persentasi ketuntasan belajar siswa 63,3 %, meningkat menjadi rata-rata kelas 77,2 % , persentasi ketuntasan belajar siswa 91,6 % pada siklus II. Ini berarti telah melampaui KKM yaitu 70 dan batas minimal ketuntasan belajar siswa yang ditentukan yaitu 90%. Dengan demikian penerapan metode pembelajaran kerja kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar membuat kuda-kuda kayu siswa kelas XI pada Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 2 Siatas Barita.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kerja Kelompok, aktivitas dan hasil belajar, membuat kuda-kuda kayu.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 02 Dec 2025 04:27
Last Modified: 02 Dec 2025 04:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30948

Actions (login required)

View Item
View Item