Hubungan Lingkungan Masyarakat dan Motivasi Belajar Otomotif terhadap Prestasi Belajar Motor Bensin Otomotif Siswa Kelas II Semester II Program Studi Teknik Otomotif SMK Negeri 2 Pekanbaru

Aprizal, Doni (2010) Hubungan Lingkungan Masyarakat dan Motivasi Belajar Otomotif terhadap Prestasi Belajar Motor Bensin Otomotif Siswa Kelas II Semester II Program Studi Teknik Otomotif SMK Negeri 2 Pekanbaru. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DONI_APRIZAL_80643_974_2010-B.pdf] Text
final_B1_DONI_APRIZAL_80643_974_2010-B.pdf

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Lingkungan Masyarakat Dan Motivasi Belajar Otomotif Terhadap Prestasi Belajar Motor Bensin Otomotif Siswa Kelas II Semester II Program Studi Teknik Otomotif SMK Negeri 2 Pekanbaru Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar motor bensin. (2)
terdapat hubungan positif dan signifikan motivasi belajar otomotif terhadap prestasi belajar motor bensin .(3) terdapat hubungan positif dan signifikan secara bersama-sama lingkungan masyarakat dan motivasi belajar otomotif terhadap
prestasi belajar motor bensin. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel bebas yaitu lingkungan masyarakat dan motivasi belajar otomotif serta satu variabel terikat yaitu prestasi
belajar motor bensin. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II semester II program keahlian teknik motor bensin otomotif SMK Negeri 2 Pekanbaru Tahun Ajaran 2009/2010. sejumlah 171 siswa. Sampel dalam penelitian ini
sebanyak 106 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel berdasarkan Nomogram Harry King. Untuk mengungkap data lingkungan masyarakat dan motivasi belajar otomotif menggunakan teknik angket, sedangkan data prestasi
belajar motor bensin otomotif menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi parsial untuk hipotesis pertama dan kedua
serta analisis regresi ganda dua prediktor untuk hipotesis ketiga. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis, yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan : (1) lingkungan masyarakat mempunyai hubungan positif dan signifikan terhadap prestasi belajar
motor bensin (2) motivasi belajar otomotif berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar motor bensin (3) lingkungan masyarakat dan motivasi belajar otomotif secara bersama-sama mempunyai hubungan positif dan signifikan terhadap prestasi belajar motor bensin otomotif (4) Sumbangan efektif lingkungan masyarakat lebih besar dibandingkan motivasi belajar otomotif terhadap prestasi
belajar motor bensin. Hal itu berarti semakin tinggi hubungan lingkungan masyarakat dan motivasi belajar otomotif maka akan semakin tinggi prestasi belajar motor bensin siswa. Demikian pula sebaliknya semakin rendah hubungan
lingkungan masyarakat dan motivasi belajar otomotif semakin rendah pula prestasi belajar motor bensin siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 02 Dec 2025 04:32
Last Modified: 02 Dec 2025 04:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30945

Actions (login required)

View Item
View Item