Kontribusi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Iklim Kerja terhadap Motivasi Mengajar Guru SMP Negeri di Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan

Syafneli, Syafneli (2012) Kontribusi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Iklim Kerja terhadap Motivasi Mengajar Guru SMP Negeri di Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_SYAFNELI_19698_6135_2012.pdf] Text
final_1_SYAFNELI_19698_6135_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Motivasi mengajar guru merupakan aspek terpenting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan pra survei yang dilakukan di SMP Negeri Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan tergambar bahwa motivasi mengajar guru masih kurang baik. Ini terlihat dari kurangnya semangat, ketekunan dan tanggung jawab yang diperlihatkan guru ketika mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menejelaskan apakah kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan iklim kerja berkontribusi terhadap motivasi mengajar guru SMP Negeri Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah; 1) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah berkontribusi terhadap motivasi mengajar guru, 2) iklim kerja berkontribusi terhadap motivasi mengajar guru, 3) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan iklim kerja secara bersama-sama berkontribusi terhadap motivasi mengajar guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah sebanyak 104 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Sampel yang terpilih sebanyak 34 orang. Data dikumpulkan dengan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa; 1) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah berkontribusi sebesar 17,2% terhadap motivasi mengajar guru, artinya kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh terhadap motivasi mengajar guru. 2) iklim kerja berkontribusi terhadap motivasi mengajar guru sebesar 12,2%, artinya iklim kerja berpengaruh terhadap motivasi mengajar guru, dan 3) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan iklim kerja secara bersama-sama berkontribusi terhadap motivasi mengajar guru sebesar 27,0%, artinya kepemimipnan transformasional kepala sekolah dan iklim kerja berpengaruh terhadap motivasi mengajar guru. Selanjutnya analisis deskriptif mengungkapkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah berada pada kategori baik, sedangkan motivasi mengajar guru dan iklim kerja sama-sama berada pada kategori cukup. Hasil penelitian ini berimplikasi bahwa untuk meningkatkan motivasi mengajar guru SMP Negeri Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan dapat dilakukan melalui peningkatan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan iklim kerja.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Iklim Kerja terhadap Motivasi Mengajar Guru SMP Negeri di Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 02 Dec 2025 00:48
Last Modified: 02 Dec 2025 00:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30932

Actions (login required)

View Item
View Item