Syaflir, Syaflir (2014) Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik terhadap Pelaksanaan Tugas Guru SMP Negeri Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_SYAFLIR_19697_5375_2014.pdf
Download (533kB)
Abstract
Berdasarkan pra survey di lapangan tergambar bahwa pelaksanaan tugas guru SMP Negeri Kecamatan IV Jurai masih rendah. Ini terlihat dari kurangnya kesungguhan guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.. Hal ini dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pembelajaran dan pada akhirnya pada tujuan pendidikan. Selanjutnya, peneliti menduga bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi pedagogik mempengaruhi pelaksanaan tugas guru SMP Negeri Kecamatan IV Jurai. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi pedagogik terhadap pelaksanaan tugas guru SMP Negeri Kecamatan IV Jurai. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) Kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap pelaksanaan tugas guru, (2) Kompetensi pedagogik berkontribusi terhadap pelaksanaan tugas guru, (3) Kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi pedagogik secara bersama-sama berkontribusi terhadap pelaksanaan tugas guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri di Kecamatan IV Jurai yang berjumlah 252 orang. Sampel penelitian berjumlah 46 orang yang diambil dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling, dengan mempertimbangkan strata masa kerja dan sertifikat pendidik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket model Skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap pelaksanaan tugas guru sebesar 21,7%, (2) Kompetensi pedagogik berkontribusi terhadap pelaksanaan tugas guru sebesar 28,2%,(3) Kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi pedagogik secara bersama-sama berkontribusi terhadap pelaksanaan tugas guru sebesar 42,5%. Selanjutnya hasil analisis deskriptif mengungkap bahwa pelaksanaan tugas guru, kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi pedagogik guru masih berada pada kategori cukup dengan tingkat ketercapaian skor masing-masingnya sebesar 77,66%, 78,54%, dan 77,73% dari skor ideal. Temuan di atas mengimplikasikan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi pedagogik adalah dua faktor yang memiliki pengaruh terhadap pelaksanaan tugas guru, akan tetapi masih banyak faktor lain yang ikut berpengaruh terhadap pelaksanaan tugas guru yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik terhadap Pelaksanaan Tugas Guru SMP Negeri Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 00:48 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 00:48 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30929 |
