Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Payakumbuh

Huda, Syafira Nurul (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_SYAFIRA_NURUL_HUDA_15029084_3711_2019.pdf] Text
final_1_SYAFIRA_NURUL_HUDA_15029084_3711_2019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu tujuan
pembelajaran matematika yang harus dicapai. Namun kenyataannya kemampuan
penalaran matematis peserta didik masih belum optimal. Salah satu penyebabnya
adalah pembelajaran di kelas yang belum sepenuhnya mampu memfasilitasi
peserta didik untuk menggunakan dan mengembangkan kemampuan penalaran
matematis dengan baik. Upaya untuk meningkatkan kemampuan penalaran
matematis peserta didik salah satunya adalah dengan menerapkan model
pembelajaran generatif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan apakah
kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan model
pembelajaran generatif lebih baik dari pada kemampuan penalaran matematis
peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN
1 Payakumbuh.
Penelitian ini merupakan gabungan dari penelitian deskriptif dan quasy
experiment dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Only
Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1
Payakumbuh tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian yaitu kelas VIII.4 dan
VIII.5.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat dilihat bahwa pada taraf signifikan 0,05
dengan melakukan uji-t diperoleh P-value = 0,001, karena P-value < α maka Ho
ditolak. Ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik
yang belajar menggunakan model pembelajaran generatif lebih baik daripada
kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar menggunakan
pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Payak

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Payakumbuh
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 02 Dec 2025 00:51
Last Modified: 02 Dec 2025 00:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30914

Actions (login required)

View Item
View Item