Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang Tahun Pelajaran 2012/2013

Zulfina, Yuzi (2013) Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang Tahun Pelajaran 2012/2013. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YUZI_ZULFINA_72973_6755_2013.pdf] Text
final_B1_1_YUZI_ZULFINA_72973_6755_2013.pdf

Download (302kB)

Abstract

Ide penelitian ini dilatarbelakangi dengan belum memuaskannya hasil belajar matematika siswa. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang banyak terpusat pada guru, sebagian besar siswa belum mau melibatkan diri dalam pembelajaran. Kemauan siswa untuk menanggapi atau memberi ide apalagi bertanya juga masih sangat kurang. Untuk menangani permasalahan ini, dalam penelitian ini diterapkan model learning cycle 5E. Pertanyaan penelitian adalah bagaimanakah gambaran aktivitas belajar matematika siswa selama menerapkan model learning cycle 5E? Hipotesis penelitian adalah hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model learning cycle 5E lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan Randomized Subjects Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang kecuali kelas VIII3 dan VIII7 sebagai kelas unggul. Sampelnya adalah siswa kelas VIII8 sebagai kelas eksperimen dan VIII9 sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi untuk melihat aktivitas siswa dan tes akhir berbentuk essay untuk melihat hasil belajar siswa. Hipotesis penelitian dianalisis dengan menggunakan Uji U Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas terjadi pada aktivitas mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari dan aktivitas memperhatikan teman saat menjelaskan jawaban di depan kelas. Dari hasil uji hipotesis disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang yang diajar dengan menggunakan model learning cycle 5E lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional untuk tingkat kepercayaan 99%, dengan rata rata nilai tes kelas eksperimen 71,03 dan rata-rata nilai tes kelas kontrol 61,07.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Learning Cycle 5E
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 02 Dec 2025 00:51
Last Modified: 02 Dec 2025 00:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30912

Actions (login required)

View Item
View Item