Primayoti, Dona (2011) Persepsi Wajib Pajak PPh Badan Berskala Besar Menengah Terhadap Kualitas Pelayanan Fiskus di Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DONA_PRIMAYOTI_79335_2742_2011.pdf
Download (571kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas pelayanan fiskus terhadap wajib pajak PPh badan berskala besar menengah di Kota Bukittinggi.Hal ini dapat dilihat adanya keluhan dari wajib pajak atas pelayanan yang
diberikan oleh fiskus. Dengan adanya pelayanan perpajakan yang prima diharapkan dapat meningkatkan pastisipasi masyarakat dalam membayar pajak.Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi wajib pajak PPh
badan berskala besar menengah terhadap kualitas pelayanan fiskus di Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang
bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi wajib pajak PPh badan berskala besar menengah terhadap kualitas pelayanan fiskus di Kota Bukittinggi.Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh wajib pajak PPh badan berskala besar menengah di Kota Bukittinggi. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil 14 badan yang berskala besar menengah dengan pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Data diambil dari alat pengumpul data yang digunakan berupa
angket model skala likert yang telah di uji validitas dan reliabilitas dengan menyebarkan kepada wajib pajak PPh badan berskala besar menengah. Data yang
terkumpul tersebut dianalisis secara statistik dengan bantuan program SPSS
(Statistic Product Service Solution) versi 16.00 for windows setelah itu dideskripsikan dengan metode deskriptif.
Berdasarkan analisis data ditentukan bahwa persepsi wajib pajak PPh badan berskala besar menengah mengenai kualitas pelayanan fiskus dapat dilihat dari beberapa indikator yaitu indikator tangible yaitu 74,13%, indikator reliability
yaitu 67,04%, indikator responsiviness yaitu 71,56%, indikator assurance yaitu 75,4%, dan indikator emphaty yaitu 67,46%. Jadi dari semua indikator dapat dilihat persepsi wajib pajak PPh Badan berskala besar menengah terhadap kualitas pelayanan fiskus sebanyak 71,11%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi wajib pajak PPh badan berskala besar menengah terhadap kualitas pelayanan fiskus dikategorikan cukup baik. Untuk itu direkomendasikan agar
selalu dipertahankan dan dilakukan upaya-upaya peningkatan kualitas perpajakan ke arah yang lebih baik lagi.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 00:44 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 00:44 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30906 |
