Siregar, Yuli Suryani (2014) Pengaruh Penggunaan Media Proyeksi Kombinasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi pada Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_YULI_SURYANI_SIREGAR_55185_3455_2014.pdf
Download (824kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran geografi dengan menggunakan media proyeksi kombinasi dan media powerpoint pada siswa kelas X IPS di SMA NEGERI 7 Padang. Manfaat penelitian ini adalah mendorong guru geografi berinovasi dalam menggunakan media untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan efesien dalam meningkatkan hasil belajar siswa Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuasi Eksprimen. Populasi dari penelitan ini adalah seluruh siswa kelas X SMA NEGERI 7 Padang. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster sampling yaitu teknik pengumpulan sampel dengan mengambil sampel kelompok-kelompok tertentu yang memiliki ciri-ciri tertentu. Dalam penelitian ini penentuan kelas sampel dengan mengambil kelompok sampel yang memiliki ciri-ciri yang sama dan mempertimbangkan hasil belajar siswa. jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu hasil tes awal dan hasil tes akhir, kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji beda (t-test) dengan α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar tes akhir sebesar 86,24 untuk kelas Eksprimen dan 75,8 untuk kelas Kontrol. Sedangkan dari uji t-test diperoleh t hitung sebesar 3,411 dengan t tabel 2,00. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran geografi dengan menggunakan media proyeksi kombinasi dan media powerpoint terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi pada kelas X IPS di SMA NEGERI 7 Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Mata Pelajaran Geografi, Media Proyeksi Kombinasi |
| Subjects: | G Geography |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 00:53 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 00:53 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30903 |
